Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Feb 2021 20:59 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Buah yang Dijadikan Maskot DKI Jakarta? Ini Infonya

Anastasia Anjani
detikTravel
Kebun Salak di Condet/Foto Wildansyah
Foto: Kebun Salak di Condet/Foto Wildansyah/Apa Buah yang Dijadikan Maskot DKI Jakarta? Ini Infonya
Jakarta -

Selama ini banyak yang mengira jika maskot ibukota adalah Monumen Nasional (Monas). Padahal maskot DKI Jakarta adalah Elang bondol yang mencengkeram salak condet.

Elang bondol yang mencengkeram Salak Condet dapat dilihat di bus TransJakarta. Penetapan Elang Bondol yang mencengkeram buah Salak Condet menjadi maskot kota Jakarta, dilakukan berdasarkan Keputusan Gubernur No. 1796 Tahun 1989.

Dilansir situs Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta saat itu yakni Ali Sadikin menetapkan elang berwarna cokelat dan berkepala putih dengan posisi bertengger pada sebuah ranting sambil mencengkeram Salak Condet sebagai maskot Jakarta.

Bicara soal buah yang dijadikan maskot DKI Jakarta, dari situs Jakarta Tourism Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Salak Condet memang saat ini keberadaannya sudah jarang ditemui di Jakarta. Sebab sudah banyak lahan di Ibu Kota didirikan bangunan yang megah.

Dalam buku berjudul Budi Daya Salak oleh Redaksi Agromedia disebutkan Salak Condet adalah salah satu jenis salak jenis terkenal di Jakarta sejak dulu. Salak ini berasal dari daerah Cagar Budaya Condet Jakarta Timur.

Salah satu keistimewaan Salak Condet adalah aromanya yang wangi dan tajam. Aroma salak ini paling harum dibandingkan dengan salak jenis lain.

Buah yang dijadikan maskot DKI Jakarta ini hampir sama dengan buah salak dari umumnya hingga sulit dibedakan. Bentuknya bulat telur mengarah ke bulat. Sisik kulit buahnya agak besar dan berwarna cokelat sampai kehitaman.

Daging buahnya tebal, masir, kesat, tak berair, dan berwarna putih kekuningan. Rasanya bervariasi dari kuning manis sampai manis.

Bagi warga Jakarta yang ingin melihat langsung kebun dan buah Salak Condet dapat berkunjung ke Cagar Buah Condet di Balekambang, Condet, Jakarta Timur. Cagar buah ini memiliki luas 3,5 hektare.

Untuk memasuki ke kawasan ini kalian tidak dikenakan biaya. Kamu pun bisa berwisata alam dengan keluarga atau teman dekat.

Jadi setelah melihat artikel buah yang dijadikan maskot DKI Jakarta, detikers berminat ke Cagar Buah Condet di Balekambang, Condet, Jakarta Timur?



Simak Video "Komik Digital yang Mendidik, Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA