Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Mar 2021 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Paspor Digital Travel Pass Bisa Digunakan Mulai Bulan Depan?

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi wanita di bandara
Ilustrasi traveling (Getty Images/izusek)
Jakarta -

IATA Travel Pass terus digodok untuk memudahkan traveling saat pandemi virus Corona. Katanya, aplikasi itu bisa digunakan mulai Maret 2021.

Diberitakan Fox News, Senin (1/3/2021), perjalanan udara di masa datang diprediksi tidak akan mengharuskan karantina turis di tempat tujuan. Asalkan, traveler dapat menunjukkan Travel Pass.

IATA Travel Pass itu berupa 'paspor digital. dalam bentuk aplikasi di telepon genggam. Isinya, berupa informasi tentang hasil tes individu traveler, bukti telah divaksin, dan tautan ke salinan elektronik paspor traveler.

Nantinya, wisatawan tinggal membuka aplikasi IATA Travel Pass untuk menunjukkan mereka telah mengantongi syarat traveling saat pandemi virus Corona.

Fitur 'paspor digital' Travel Pass itu nantinya dapat dilihat oleh maskapai penerbangan atau otoritas lain yang memfasilitasi perjalanan. Begitu pula dengan pemerintah negara tujuan.

"Dengan aplikasi ini, IATA juga bertujuan untuk memberikan kepercayaan kepada pemerintah untuk membuka kembali perbatasan tanpa memberlakukan karantina pada pelancong yang masuk," kata IATA di situsnya.

Singapore Airlines akan menjadi yang pertama untuk menguji coba aplikasi ini. Diikuti oleh Qatar Airways, Emirates, Etihad Airways, Copay Airlines, dan 15 lainnya, menurut IATA. IATA mengatakan pihaknya juga menerima dukungan dari Panama, dan sedang dalam pembicaraan dengan pemerintah lain.

"Pengujian adalah kunci pertama untuk memungkinkan perjalanan internasional tanpa tindakan karantina," CEO IATA Alexandre de Juniac sebelumnya menyatakan gagasan itu pada November.

"Kunci kedua adalah infrastruktur informasi global yang diperlukan untuk mengelola, membagikan, dan memverifikasi data pengujian secara aman yang cocok dengan identitas wisatawan sesuai dengan persyaratan kontrol perbatasan," dia menambahkan.

"Kami akan menghadirkannya ke pasar dalam beberapa bulan mendatang untuk juga memenuhi kebutuhan berbagai gelembung perjalanan. dan koridor kesehatan masyarakat yang mulai beroperasi," ujar dia.

IATA mematok target, paspor digital Travel Pass itu bisa dirilis mulai Maret 2021.



Simak Video "WHO Minta Negara Kaya Berbagi Vaksin dengan Negara Miskin"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA