Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Mar 2021 18:51 WIB

TRAVEL NEWS

Gandeng Startup, Ini Rencana Sandiaga untuk Danau Toba

Foto aerial Danau Toba dari kawasan wisata menara pandang Tele di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Minggu (21/2/2021). Wisata menara pandang tersebut menyajikan keindahan panorama Danau Toba hingga pegunungan Samosir dari atas ketinggian yang dapat dinikmati oleh wisatawan domestik maupun international. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Ilustrasi Danau Toba (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta -

Lewat kunjungannya ke Danau Toba beberapa waktu lalu, Menparekraf Sandiaga Uno berencana untuk menggandeng startup untuk kembangkan akomodasi di sana.

Sekitar dua pekan lalu, Sandiaga Uno berkunjung ke Danau Toba yang menjadi satu dari lima destinasi super prioritas. Dari kunjungannya itu, Sandiaga punya rencana untuk membangun akomodasi di sana.

Dikutip detikTravel dari laman Instagram resmi Sandiaga, Senin (1/3/2021), dua startup telah digandengnya untuk membantu mewujudkan rencananya itu. Skema yang digunakan adalah kerjasama pemerintah dengan badan usaha atau public private partnership (PPP).

"Yang akan segera berjalan yaitu dengan Bobobox. Mereka akan membangun hotel berkonsep Box dan Cabin di Lahan Zona Otorita Danau Toba di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba. Bulan Juni nanti diperkirakan sudah rampung dan dapat digunakan untuk para wisatawan," tulis Sandiaga usai rapat pimpinan bersama jajaran siang tadi.

[Gambas:Instagram]



Selain hotel, Sandiaga juga akan memanfaatkan jaringan situs berbagi akomodasi global AirBnb untuk menghadirkan penginapan bujet atau homestay. Di mana hal itu bisa menguntungkan para pemilik akomodasi serta wisatawan.

"Bagi pemilik homestay yang disewakan, ini bisa menjadi peluang kerja dan penghasilan tambahan. Bagi wisatawan, ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan local experience dan akomodasi dengan harga yang terjangkau," paparnya.

Dalam kunjungannya ke Danau Toba beberapa waktu lalu, Sandiaaga juga sempat melakukan sejumlah aktivitas. Antara lain meresmikan Kampung Ulos Silahisabungan sekaligus memberi motivasi pada para penenun, hingga menjajal potensi sport tourism di Desa Wisata Lumban Bulbul.

"Tidak lengkap rasanya ke Danau Toba bila tidak merasakan airnya dan merasakan atraksi di sini. Ide saya, Ini cocok untuk sport tourism setelah itu saya melihat even yang cocok adalah triathlon, sepeda dan lomba lari lantaran, jalannya bagus," kata Sandiaga saat itu.

Selain itu, Sandiaga juga sempat singgah ke objek wisata Adian Nalambok yang terletak di antara Samosir dan Parapat. Dari spot itu, tampak jelas panorama Danau Toba di kejauhan.

"Kita juga bisa lihat dari ekonomi kreatifnya seperti membuat warung yang instagramable, inilah pariwisata yang bisa membuka lapangan pekerjaan di saat pandemik seperti ini dan peluang bagi masyarakat," tambah Sandiaga Uno.



Simak Video "Sandiaga Uno Mencari Terobosan Baru Untuk Danau Toba"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA