Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mar 2021 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Brasil Kehilangan Maskot Vaksin

Syanti Mustika
detikTravel
maskot vaksin brasil
Gotinha maskot vaksin Brasil menghilang. (AP Photo/Eraldo Peres)
Jakarta -

Warga Brasil dibuat bertanya-tanya mengenai maskot vaksin negaranya. Sudah lama maskot tidak terlihat dalam program vaksin nasional.

Maskot vaksin Brasil itu Ze Gotinha. Itu dimulai sejak Rabu lalu, ketika mantan presiden Luiz Inácio Lula da Silva mempertanyakan keberadaan Ze Gotinha.

"Di mana Ze Gotinha kita tercinta?" da Silva mengatakan dalam pidatonya yang mengkritik penanganan pandemi oleh Presiden Jair Bolsonaro.

Ze Gotinha, yang namanya diartikan sebagai 'Joe Droplet', diciptakan menyerupai Casper the Friendly Ghost yang tumbuh besar. Ikon ini diciptakan pada 1980-an untuk membantu kementerian kesehatan mempromosikan vaksinasi terhadap virus polio dan menenangkan anak-anak.

Gotinha mengubah hal menakutkan menjadi menyenangkan. Karena kesuksesannya, sejak saat itu ia sering muncul untuk memperingatkan tentang pentingnya mencegah campak, tuberkulosis, batuk rejan, difteri dan, yang terbaru, Covid-19.

Tapi, maskot vaksin Gotinha sudah cukup lama menghilang. Kali terakhir Gotinha terlihat di depan umum dalam sebuah upacara adalah 16 Desember di ibu kota Brasilia. Saat itu dalam meluncurkan program vaksinasi negara Brasil. Karakter yang sangat dicintai oleh anak-anak, menolak berjabat tangan Bolsonaro atas nama jarak sosial.

Da Silva, seorang sayap kiri yang merupakan saingan Bolsonaro, mempresentasikan teorinya sendiri tentang apa yang terjadi pada Gotinha dengan meluncurkan 'Bolsonaro memecatnya, karena dia mengira dia dari Partai Buruh'.

Satu teori lain mengatakan bahwa layanan publisitas maskot mungkin tidak diperlukan saat ini, karena Brasil menggunakan dosis terbatasnya untuk memvaksinasi orang tua dan orang-orang dalam kelompok prioritas, belum anak-anak.

Juga banyak di jejaring sosial berspekulasi tentang nasib Gotinha. Seseorang berbicara tentang drama Gotinha yang menganggur. Yang lain menafsirkan ulang poster khas anak yang hilang, dengan gambar maskot dan teks 'menghilang'.

"Bersorak untuk kesembuhan Zé Gotinha yang cepat. Hanya pahlawan ini yang bisa menyelamatkan kita," kata seorang pengguna Twitter yang berspekulasi bahwa maskot itu mungkin menderita suatu penyakit.

Pada hari Jumat, gambar Gotinha muncul di media sosial Eduardo Bolsonaro, putra presiden dan anggota parlemen federal. Maskot itu digambarkan sedang memegang jarum suntik berbentuk senapan serbu.

"Senjata kami adalah vaksin," tulis anggota parlemen itu.

Pencipta Gotinha, artis Darlan Rosa, sangat terkejut. Karena gambaran maskot ini jauh dari fungsi penciptaannya.

"Maskot vaksin (Gotinha) dipahami sebagai karakter pendidikan. Tidak ada yang mendidik tentang senjata," kata Rosa kepada surat kabar Folha de S.Paulo. Carlos Latuff, kartunis lainnya membuat gambar yang menggambarkan Gotinha mematahkan lututnya dengan senapan.



Simak Video "Pasar Triwindu, Surganya Pemburu Barang-barang Kuno, Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA