Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Apr 2021 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Mercy-Hino, Mana yang Jadi Tambang Uang buat PO Bus?

PO Haryanto
Bus PO Haryanto (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Kudus -

Begitu banyak pilihan sasis bagi perusahaan otobus yang ada di Indonesia. Biasanya, merek Mercedes, Hino, Scania hingga Volvo yang menjadi pilihan, tak terkecuali bagi PO Haryanto.

detikTravel berkesempatan mewawancarai langsung anak Haryanto yang juga sebagai direktur operasional, Rian Mahendra. Dalam pertemuan selama satu setengah jam, ia mengisahkan seluk beluk perusahaan hingga menjadi sebesar saat ini hingga menjadi PT Haryanto Motor Indonesia.

Dalam pemilihan sasis, kata Rian, itu semua tergantung perusahaan masing-masing. Di sini, selera perusahaan amat menentukan yang didukung faktor-faktor lainnya.

PO Haryanto sendiri hanya menggunakan dua merek sasis saja. Bahkan, ada satu merek yang mendominasi penggunaannya. Apa alasannya?

"Tergantung kebutuhan saja. Di sini yang paling banyak Hino sama Mercy," kata Rian.

"Perbandingannya sekarang Mercy 80% dan Hino 20%," orang nomor dua di PO Haryanto itu menambahkan.

Sasis keluaran Mercedes sangat disukai oleh PO Haryanto. Faktor keuntungan dan keandalan jadi pertimbangannya.

"Karena berdasar apa yang kita rasakan, kita berpikir, bahwasannya untuk medan Transjawa saat ini Mercy yang paling bisa diajak kerja," kata Rian.

"Paling cuan, dalam hal apapun, paling tepatlah," kata dia.

Dalam artikel selanjutnya, Rian juga menjabarkan rute mana yang jadi andalan. Tak hanya itu, kondisi PO Haryanto di masa pandemi Corona juga dijabarkan oleh dia.

Diketahui bahwa ratusan bus masih dijalankan oleh PO Haryanto setiap harinya. Berbagai rute juga masih aktif tanpa ada pemangkasan, bahkan terdapat penambahan.

***

Jadi, PO Haryanto masih menyimpan segudang fakta menarik lain. Laporan khusus lainnya masih akan ada di berita selanjutnya!



Simak Video "Bus Listrik di DKI Belum Juga Beroperasi, Siapa Jadi Pengganjal?"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA