Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Apr 2021 09:30 WIB

TRAVEL NEWS

Rumah Eks Menlu Pertama Dijual Rp 200 Miliar, Kemlu dan Warganet Bereaksi

Tim detikcom
detikTravel
Viral kantor pertama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) diiklankan di media sosial. Bangunan tersebut adalah rumah milik Menteri Luar Negeri pertama Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo atau yang lebih dikenal dengan Achmad Soebardjo yang dijadikan kantor sementara Kemlu pada era kemerdekaan Indonesia.
Rumah eks Menlu pertama Achmad Soebardjo (Ari Saputra/detikTravel)
Jakarta -

Beredar kabar kalau rumah Pahlawan Nasional dan eks Menlu pertama RI Achmad Soebardjo tengah dijual. Pemerintah, warganet dan sejarawan bereaksi.

Kabar itu pertama kali diketahui lewat unggahan sebuah developer real estate bernama Kristohouse. Dalam salah satu unggahan di Instagramnya, tampak sebuah rumah di bilangan Cikini yang tengah dijual.

[Gambas:Instagram]




Usut punya usut, bangunan yang dijual di Cikini itu merupakan rumah dari eks Menlu pertama RI Achmad Soebardjo. Secara historis, rumah itu juga pernah dipinjamkan oleh Achmad Soebardjo sebagai kantor Kementerian Luar Negeri pertama sebelum akhirnya pindah ke Pejambon.

Namun, properti itu sejatinya dimiliki oleh keluarga Achmad Soebardjo. Hal itu dibenarkan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah.

"Properti tersebut adalah milik keluarga alm Ahmad Soebardjo, bukan milik pemerintah," ujarnya saat dihubungi detikTravel, Senin (13/4/2021)

Alm Achmad Soebardjo merupakan Menteri Luar Negeri pertama yang dilantik pasca Kemerdekaan Negara Indonesia pada 18 Agustus 1945. Kediamannya lah yang dijadikan kantor Kemlu pada masa itu.

"Sewaktu Kemlu belum memiliki kantor, sempat dipinjamkan ruangan di rumah tersebut untuk bekerja," kata Teuku.

Kementerian Luar Negeri menggunakan rumah alm Achmad Soebardjo selama kurang lebih dua bulan, yaitu pada Agustus hingga Oktober 1945, tepatnya pada ruang kerja dan juga teras.

Viral kantor pertama Kementerian Luar Negeri (Kemlu) diiklankan di media sosial. Bangunan tersebut adalah rumah milik Menteri Luar Negeri pertama Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo atau yang lebih dikenal dengan Achmad Soebardjo yang dijadikan kantor sementara Kemlu pada era kemerdekaan Indonesia.Bekas rumahnya berada di Jalan Cikini Raya no. 80-82 (Ari Saputra/detikTravel)

Alm Achmad Soebardjo dua kali menjabat sebagai Menlu RI di masa Soekarno, yaitu selama empat bulan, mulai Agustus hingga Desember dan pada 1951-1952.

"Digunakan oleh Kemlu setidaknya 2 bulan, dari Agustus-Oktober 1945," kata Teuku.

Setelah bertempat di rumah alm Achmad Soebardjo, kantor Kemenlu kemudian pindah ke gedung yang dipakai bersama dengan Kementerian PP & K. Kemudian pindah lagi di bulan November dan Desember 1947.

"Bulan Oktober 45 pindah ke Jalan Cilacap no. 4 di gedung yang dipakai bersama dengan Kementerian PP & K. November 45 pindah lagi ke Jalan Pegangsaan Timur no. 36 sampai pindah ke Yogyakarta bulan Desember 47," kata Teuku.

Selanjutnya: Status bangunan dan komentar sejarawan tentang penjualan rumah eks menlu

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA