Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Mei 2021 22:13 WIB

TRAVEL NEWS

Langka! Pesawat Diktator dan Harta Karun Bangsa Rumania Dilelang

Pesawat Rombac 1-11 Rumania
Foto: CNN
Bukares -

Pesawat yang digunakan oleh diktator Rumania, Nicolae Ceausescu, akan dilelang. Harga awal penawarannya sebesar Rp 437 juta.

Pesawat diktator ini berjenis Rombac 1-11. Armada itu digunakan untuk penerbangan resmi diktator Rumania antara tahun 1986 dan 1989.

Pelelang pesawat diktator pada 27 Mei dengan harga mulai 25.000 euro atau setara dengan Rp 437 juta, untuk kurs saat ini.

Dibangun di Rumania di bawah lisensi dari British Aircraft Corporation selama 1980-an, model Rombac 1-11 meniru BAC 1-11. Jenis ini dianggap sebagai permata industri penerbangan lokal, menurut Artmark, rumah lelang yang bertanggung jawab atas penjualan pesawat tersebut.

Selain dikaitkan dan melekat dengan Ceausescu, pesawat yang membawa 119 kursi itu adalah satu dari sembilan model Rombac 1-11 yang pernah dibuat di bawah lisensi Inggris sebelum tahun 1989.

Model kedua, yang sebelumnya digunakan oleh mantan Presiden Ion Iliescu, tokoh Rumania kontroversial lainnya, akan dilelang pada hari yang sama, dengan harga awal yang sama.

Pesawat Rombac 1-11 RumaniaMesin pesawat Rombac 1-11 Rumania (Foto: CNN)

Harta karun

Rombac 1-11, juga dikenal sebagai Super One-Eleven, adalah pesawat komersial pertama yang dibuat di Rumania. Kegiatan ini memungkinkan negara itu menjadi negara komunis pertama setelah Uni Soviet yang memproduksi pesawat penumpang.

Mesin Rolls-Royce Spey-nya diproduksi dengan lisensi di pabrik lokal Rumania juga, yakni oleh Aerofina dan Turbomecanica.

Ceausescu berada di sana untuk menyaksikan penerbangan resmi pertama pesawat tersebut, yang dilakukan pada tahun 1982.

"Mengingat kelangkaan dari model-model ini dan pentingnya model tersebut untuk sejarah teknis Rumania, kedua pesawat itu diklasifikasikan di bawah kategori harta karun, warisan budaya nasional bergerak," bunyi pernyataan dari Artmark.

"Penjualan Rombac 1-11 diklasifikasikan sebagai likuidasi patrimonial dari bekas perusahaan negara Romavia," imbuh mereka.

Status harta karun mereka pada akhirnya berarti bahwa pesawat tidak dapat meninggalkan Rumania. Jadi, pemilik di masa depan akan diminta untuk mempertahankannya.

Ceausescu memerintah Rumania dari 1965 hingga 1989, ketika revolusi anti-Komunis yang berdarah mengakhiri pemerintahannya, serta 42 tahun pemerintahan komunis. Dia dieksekusi bersama istrinya Elena pada Desember 1989.

Iliescu, yang naik ke tampuk kekuasaan setelah Ceausescu, didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan atas dugaan perannya dalam pemberontakan yang kejam.



Simak Video "Remaja di Ciamis Manfaatkan Pandemi Bikin Bisnis Miniatur Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA