Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Jun 2021 21:21 WIB

TRAVEL NEWS

Bangkit dari Corona, Hawaii Akan Cabut Semua Pembatasan Perjalanan

Apes sekali nasib dua wisatawan di Bandara Hawaii ini. Niat ingin menyuap petugas bandara, eh malah dilaporkan ke polisi.
Foto: Bandara Hawaii (Getty Images/Anett Flassig )
Honolulu -

Hawaii sedikit lagi mencapai tingkat vaksinasi 60 persen. Negara bagian ini akan mencabut peraturan pembatasan perjalanan.

Gubernur Hawaii, David Ige telah menyusun rencana, langkah demi langkah untuk mencabut peraturan protokol kesehatan untuk wisatawan yang datang ke Hawaii. Mulai 15 Juni, semua pembatasan perjalanan antar negara akan berakhir.

Mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi penuh bisa melakukan perjalanan ke negara bagian lain tanpa perlu tes pra perjalanan maupun karantina.

Nantinya saat vaksinasi sudah mencapai 60 persen, Hawaii akan mencabut persyaratan pra kedatangan dan karantina bagi wisatawan domestik AS yang sudah divaksinasi. Namun, mereka harus menunjukkan bukti vaksinasi melalui program Safe Travels.

Sedangkan saat vaksinasi mencapai 70 persen, Hawaii akan mencabut semua pembatasan perjalanan dan secara resmi mengakhiri program Safe Travels.

"Pelonggaran perbatasan perjalanan disebabkan dari tingkat vaksinasi kami yang kuat dan komunitas yang berkorban melakukan apa yang harus dilakukan selama satu setengah tahun terakhir untuk menghentikan penyebaran COVID-19," kata Ige.

"Kita perlu mendorong dengan keras sekarang, sehingga bisa sampai pada titik di mana 'Safe Travel' tidak diperlukan lagi untuk menjaga orang-orang Hawaii tetap aman," kata Ige dalam sebuah pernyataan.

Menurut Departemen Kesehatan Hawaii, sejauh ini, sekitar 59 persen penduduk Hawaii telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, sedangkan 52 persen sudah menerima vaksinasi penuh.

Saat ini wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Hawaii bisa melewati karantina, namun mereka harus melewati pengujian di situs mitra terpercaya sebelum berangkat. Sedangkan penduduk Hawaii yang sudah divaksinasi penuh juga dibebaskan dari persyaratan pengujian dan karantina untuk pergi ke satu pulau ke pulau lainnya dengan paspor vaksin.

Keputusan Hawaii dalam melonggarkan perjalanan ini sejalan dengan rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) bahwa orang Amerika yang divaksinasi penuh bisa melakukan perjalanan di dalam negeri tapa perlu tes ataupun melakukan karantina.

Pada bulan lalu, Hawaii sudah mencabut perintah mengenakan masker di luar ruangan. Kebijakan ini mengadopsi rekomendasi CDC bahwa orang Amerika yang divaksinasi penuh tak perli mengenakan masker di luar ruangan.



Simak Video "Kasus Covid-19 Melonjak, Gubernur Hawaii Minta Turis Kurangi Kunjungan"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA