Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 17 Agu 2021 12:28 WIB

TRAVEL NEWS

Potret Istana Kepresidenan Afghanistan-Penguasa Baru Pura Mangkunegaran

Tim detikcom
detikTravel
Istana Presiden di Kabul Afghanistan
Istana Kepresidenan Afghanistan. Foto: Dok. Asia News
Jakarta -

Taliban berhasil menguasai Istana Kepresidenan Afghanistan. Sebelum dikuasai, istana ini menjadi tempat kerja sekaligus kediaman presiden.

Taliban mengambil alih istana ini pada Minggu (16/8/2021). Istana yang disebut sebagai Arg ini berada di Kabul dengan luas sekitar 34 hektar. Istana dapat dikuasai karena Presiden Afghanistan Ashraf Ghani telah pergi ke Tajikistan.

Arg dibangun pada 1880 setelah bangunan bersejarah Bala Hissar yang sebelumnya digunakan hancur oleh tentara India Inggris. Bangunan ini memiliki corak khas Asia Tengah, dengan memadukan budaya India dan Inggris.

Istana kepresidenan ini kemudian digunakan untuk berbagai akttivitas, termasuk menyambut tamu dari negara lain. Presiden RI Joko Widodo pernah datang ke istana tersebut pada 2018.

Selain soal istana kepresidenan yang dikuasai Taliban, berita terpopuler lainnya adalah soal teka-teki penguasa baru Pura Mangkunegara. Ini karena Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX telah meninggal dunia.

Pura Mangkunegaran sendiri dulunya difungsikan sebagai pusat pemerintahan Surakarta bagian utara. Kini ada sejumlah nama penerus yang menjadi kandidat pemimpin yakni yaitu G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara dan G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo. Namun pihak Mangkunegaran belum akan memutuskan dalam waktu dekat sebab saat ini masih fokus pada pemakaman mendiang Mangkunegara IX.

Berikut berita terpopuler detiktravel pada Senin (16/8/2021):



Simak Video "Taliban Klaim Tangkap 600 Anggota Kelompok Ekstremis"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA