Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Sep 2021 10:05 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita KS Jakarta Kota: Penertiban Stasiun Juanda dan Penumpang Salah Naik Kereta

Syanti Mustika
detikTravel
Stasiun Jakarta Kota sebagai cagar budaya
Kepala Stasiun (KS) Jakarta Kota Arkansyah (Foto: Pradita Utama)

Menjadi kepala salah satu stasiun yang ramai penumpang dan dekat tempat wisata, ternyata ada tantangan tersendiri. Terutama di saat weekend jumlah penumpang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa.

"Sebelum pandemi itu penumpang Stasiun Jakarta kota itu sampai 100.000 orang per hari, belum ditambah lagi saat weekend kan. Di sekitar kita ada tujuan wisata seperti Kota Tua. Saat itu berubah drastis karena penumpangnya hanya sekitar 30%. Tantangannya mungkin sekarang karena masih kondisi PPKM jadi penumpang itu belum terlalu banyak," ujarnya.

"Namun sebelum masa pandemi, pada saat weekend banyak penumpang. Itulah tantangan kita, dimana ada penumpang jarak jauh, ada penumpang KRL dan juga ada penumpang yang musiman. Penumpang musiman ini tuh jarang banget naik KRL, mereka naik KRL hanya untuk jalan-jalan saja," ujar Arkansyah.

Dia melanjutkan jika saat weekend, ada perhatian khusus pada pengaturan penumpang. Pada saat itu banyak penumpang yang bertanya soal arah, maka Arkansyah memperkuat bagian gate untuk membantu penumpang yang bertanya arah ke tempat wisata.

"Selain bertanya tentang arah, petugas stasiun pun juga memberikan penjelasan kepada penumpang bahwa stasiun sudah memakai sistem KMT (Kartu Multi Trip). Karena itulah kenapa kita memberikan perhatian khusus karena kebanyakan penumpang saat weekend adalah musiman. Kalau bagi penumpang yang rutinitas alias mereka sudah biasa sehari-hari naik KRL, mereka sudah tahu bagaimana sistem KRL," jelas Arkansyah.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA