Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Okt 2021 19:13 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Penyebab Permukaan Tanah Jakarta Semakin Turun

Syanti Mustika
detikTravel
Seorang anak bermain di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (17/5/2021). BMKG mengingatkan fenomena gerhana bulan total atau Super Blood Moon berpengaruh terhadap kondisi pasang air laut maksimum.
Foto: Rifkianto Nugroho Banjir rob di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis (17/5/2021).

"Untuk jangka pendek, solusinya terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang masalah ini agar mereka tidak panik. Untuk jangka panjang harus ada penyelesaian masalah dengan kombinasi konsep mitigasi dan adaptasi yang tidak tumpang tindih. Seperti pembangunan pertahanan di garis pantai, pembangunan pertahanan sungai dan bantarannya, membuat tempat parkir air dan mengantisipasi penyebab penurunan tanah," kata Robert.

"Adapun adaptasi yaitu membangun rumah dan kawasan sekitar yang ramah terhadap ancaman ini. Persiapkan juga diri dan keluarga jika ancaman ini datang nantinya. Untuk Jakarta kita bikin zona-zona sesuai dengan kandungan tanah, misalnya dekat utara Jakarta tidak dibangun lagi bangunan masif, dibangunlah bangunan yang lebih ringan," ujarnya.

"Ada lagi solusi membangun yang adaptis, bila memang akan tenggelam ya tenggelamkan saja sekalian dan pindahkan warganya ke tempat yang lebih aman. Kemudian dibangunlah kawasan yang lebih adaptif terhadap area atau yang mengalami penurunan," papar Robert.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Eijkman Dilebur, Kepala BRIN Jamin Peneliti Tetap Independen!"
[Gambas:Video 20detik]

(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA