Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Okt 2021 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Dadakan Kayak Tahu Bulat, Maroko Setop Bebas Visa dan Pulangkan Paksa WNI

Tim detikcom
detikTravel
Bab Bou Jeloud gate atau Gerbang Biru di Fez, Maroko
Ilustrasi Maroko (Getty Images/iStockphoto/anibaltrejo)

Akibat tindakan sepihak itu, lima WNI yang tiba di Maroko pada 10 dan 12 Oktober lalu dipulangkan secara paksa. Mereka memasuki wilayah negara itu tanpa memiliki visa.

Untuk itu, KBRI Rabat mengimbau kepada seluruh WNI yang akan melakukan perjalanan ke Maroko untuk mengurus visa di Kedubes Maroko sebelum keberangkatan.

"Diumumkan kepada seluruh WNI yang berencana melakukan perjalanan ke Maroko untuk memproses permintaan visa dari Kedutaan Besar Maroko sebagai syarat masuk ke Maroko yang mulai diberlakukan otoritas Maroko pada Jumat, 8 Oktober 2021," tulis KBRI Rabat dalam pernyataan berbeda.

Sebelumnya Maroko merupakan salah satu negara yang memberikan WNI kebebasan dari pengurusan visa untuk berkunjung ke negara itu. Tiap WNI yang akan mengunjungi negara itu diberikan izin untuk kunjungan maksimal 90 hari.

Kebijakan dari Pemerintah Maroko itu pun berbanding 180 derajat dengan Turki yang akan memberi kebijakan bebas visa untuk WNI dalam waktu dekat.

Itu disampaikan langsung kepada Menlu RI Retno Marsudi usai kunjungannya ke Ankara, 11-12 Oktober 2021.

Dalam rilis resmi Kemlu RI, Menlu Turki Mevlüt Çavuşoğlu mengatakan mereka berupaya untuk mengimplementasikan kebijakan ini secepatnya.

"Kebijakan ini akan berlaku dalam waktu dekat. Jika sudah ada keputusan kapan akan mulai diberlakukan, kami akan sampaikan kepada publik," kata Kemlu RI dalam rilisnya dikutip Kamis (14/10)

Sejauh ini, WNI yang ingin berkunjung ke Turki diharuskan untuk memiliki visa elektronik atau e-visa. E-Visa itu memberikan para pelancong asal Indonesia untuk dapat masuk hingga 30 hari.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA