Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Des 2021 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Satgas Penyakit AS Tambahkan Prancis ke Daftar Negara 'Berbahaya'

Syanti Mustika
detikTravel
Mother picking backpack from security counter while standing by daughters. Family is with luggage at airport terminal. They are going on vacation.
Ilustrasi perjalanan (iStock)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memasukkan Prancis ke dalam daftar negara yang berisiko dikunjungi warganya. Sekarang ada tujuh negara dalam daftar AS.

Dilansir dari CNN, Jumat (10/12/2021) CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) menambahkan negara Prancis ke dalam destinasi dengan risiko tinggi Covid-19. Prancis dan enam negara lainnya masuk ke dalam level empat.

Adapun penentuan level empat ini karena memiliki lebih dari 500 kasus per 100.000 penduduk dalam 28 hari terakhir. Orang-orang harus menghindari bepergian ke lokasi yang ditunjuk dengan pemberitahuan "Level 4". Siapa pun yang harus bepergian harus divaksinasi lengkap terlebih dahulu.

Ketujuh negara yang masuk level 4 AS itu adalah:

- Andora
- Siprus
- Prancis
- Yordania
- Liechtenstein
- Portugal
- Tanzania

Semua tujuan Eropa ini, ditambah Yordania di Timur Tengah, sebelumnya dianggap berisiko tinggi di Level 3. Pengumuman Level 4 datang ketika kenaikan virus Corona dan varian baru yang terus meningkat.

Eropa terus bergulat dengan lonjakan Covid-19 yang mengancam ekonomi secara keseluruhan dan khususnya pariwisata. Prancis sangat terpukul dalam gelombang terbaru ini dan merespons dengan tindakan yang semakin ketat.

Jerman juga memperketat aturan tentang siapa yang bisa masuk dan meningkatkan pembatasan pada warganya sendiri yang tidak divaksinasi. Sebelumnya, beberapa pasar Natal di Eropa masih berencana untuk beroperasi, tetapi yang lain, termasuk pasar Munich yang terkenal akhirnya dibatalkan.


Ditambah lagi dengan dunia yang cemas akan varian virus Corona terbaru, varian Omicron. Pertama kali diumumkan oleh otoritas kesehatan Afrika Selatan pada akhir November, varian tersebut telah memantik berbagai negara melarang perjalanan ke negara-negara di Afrika bagian selatan. CDC memindahkan banyak negara Afrika selatan ke Level 4 pada 27 November karena Omicron.

Eropa bukan satu-satunya yang masuk ke dalam negara berisiko tinggi dalam daftar Amerika Serikat. Di antara tempat-tempat lain yang juga dianggap berisiko sangat tinggi untuk bepergian adalah:
- Barbados
- Pulau Cayman
- Malaysia
- Singapura
- Turki

Secara keseluruhan, lebih dari 80 negara diberi peringkat Level empat pada 6 Desember oleh CDC.

Simak juga 'Epidemiolog: Menghadapi Omicron Tidak Perlu Berlebihan, Tapi Proporsional':

[Gambas:Video 20detik]



(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA