Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 24 Des 2021 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Jelang Libur Nataru, Harga Tiket Pesawat Naik Gila-gilaan Sampai Jutaan

Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DIY mulai dipadati penumpang jelang momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).
Foto: Ilustrasi penumpang pesawat (Jalu Rahman Dewantara/detikTravel)
Kulon Progo -

Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), harga tiket pesawat naik gila-gilaan. Dari kisaran Rp 400.000 jadi hampir Rp 1 jutaan.

Hal itu diungkapkan penumpang pesawat rute Jogja-Jakarta, Tesya Stefani saat ditemui wartawan di Kawasan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Kamis (23/12/2021).

Tesya yang berasal dari Jakarta ini sebelumnya berangkat ke Jogja pada 16 Desember 2021. Saat itu harga tiket menurutnya masih normal, yakni di kisaran Rp 400.000 hingga Rp 500.000.

Namun ketika hendak balik ke Jakarta beberapa hari kemudian, harga tiket pesawat sudah melonjak jadi hampir Rp 1 jutaan. 2 Kali lipat dari harga sebelumnya.

"Sekarang melonjak banget, karena sudah dekat natal kan pada liburan akhir tahun, nah kemarin kita beli sekitar hampir Rp 400.000-an, sekarang sudah Rp 1 jutaan kalau gak salah," ucap Tesya.

Dari penelusuran detikcom di sejumlah aplikasi penyedia tiket penerbangan untuk rute Jakarta-Jogja dan sebaliknya, diketahui bahwa kisaran harga tiket pesawat saat ini kisaran Rp 400.000 hingga Rp 2,4 juta untuk kelas ekonomi.

Sementara di kelas bisnis, harga tiket berkisar Rp 2,4 hingga Rp 3,8 juta. Adapun untuk first class, harga tiketnya di atas Rp3,8 juta.

Sebagai catatan, perbedaan harga tergantung dari kebijakan setiap maskapai. Tingginya harga tiket pesawat tersebut membuat sejumlah calon penumpang memutuskan membeli tiket sejak jauh-jauh hari.

Langkah ini ditempuh selain untuk mendapat harga lebih murah, juga mengantisipasi adanya aturan baru terkait perjalanan udara selama Nataru.

"Saya sudah beli tiket jauh-jauh hari mas, alasannya ya biar murah sama antisipasi aja sih kalau nanti ada aturan baru saat nataru, takutnya bandara ditutup kan, gak boleh ada penerbangan," ujar seorang penumpang Ayu Indrianti asal Makassar.



Simak Video "Harga Avtur Naik, Maskapai Diizinkan Naikkan Tarif Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA