Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Jan 2022 09:41 WIB

TRAVEL NEWS

Berita Populer: Cuma 53 Detik, Ini Penerbangan Terpendek di Dunia!

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi Penerbangan, ilustrasi pesawat, pesawat terbang, ilutrasi perjalanan, pesawat
Foto: Getty Images/Maja Hitij
Jakarta -

Penerbangan umumnya memakan waktu cukup lama. Tapi yang ini pendek banget, bahkan hitungan detik.

Dilansir dari CNN Internasional, penerbangan ini ada di wilayah Skotlandia, Inggris. Penerbangan ini melayani rute Westray, sebuah pulau di tepi kepulauan Orkney di utara Skotlandia, ke pulau Papa Westray yang lebih kecil dan terpencil.

Guinness World Records menobatkan penerbangan tersebut sebagai yang terpendek. Bayangkan, perjalanannya hanya menempuh jarak 2,7 kilometer saja.

Terpisahkan oleh lautan, dibutuhkan pesawat untuk menghubungkan kedua tempat ini. Alhasil, penumpang bisa sampai di tujuan dalam waktu sekitar dua menit.

Kalau cuaca sedang bagus dan beban yang dibawa pesawat tidak berat, penerbangan hanya butuh waktu 53 detik!

Rute Orkney-Papa Westray dilayani oleh Loganair. Mereka mengoperasikan pesawat kecil dengan kabin seukuran mobil van. Pesawat kecil itu hanya bisa mengangkut delapan orang penumpang.

Tak seperti di pesawat komersil pada umumnya, penumpang tidak bisa memilih tempat duduk. Alokasi kursi penumpang ditentukan berdasarkan berat badan agar beban pesawat dapat terdistribusi secara merata.

Dalam sehari, ada dua hingga tiga kali jadwal penerbangan. Umumnya, penumpang adalah penduduk yang tinggal di pulau terpencil Papa Westray. Jika musim panas tiba, ada juga beberapa turis yang ingin merasakan naik pesawat dengan rute terpendek sekaligus mengeksplorasi keindahan Pulau Papa Westray.

Layanan penerbangan di Provinsi Orkey sudah beroperasi sejak 1967. Namun, penerbangan rute pendek baru ada sejak 2011 karena banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengeksplorasi Provinsi Orkney. Penulis travel terkenal, Bill Bryson menjadikan Papa Westray sebagai tempat favoritnya di seantero Britania Raya.

Selain berita tentang penerbangan yang tak sampai 1 menit, detikTravel juga diramaikan oleh berita WNA yang protes tentang hotel karantina hingga Borobudur Edupark. Yuk, baca saja dari link di bawah ini.



Simak Video "Top 5: Nirina Zubir Korban Mafia Tanah, Isu Booster Vaksin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA