Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Jan 2022 05:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pecinta Hewan Kecam Adu Unta di Turki

Syanti Mustika
detikTravel
Sebuah festival balap unta di Mesir sukses digelar. Di atas arena berupa pasir unta-unta ini saling adu cepat dengan joki yang dikendalikan oleh anak-anak.
Foto: REUTERS/Amr Abdallah Dalsh.
Istanbul -

Salah satu festival tradisional yang menarik turis ke Turki adalah adu unta. Namun, festival ini mendapat kecaman dari pecinta binatang.

Diberitakan detikTravel dari CNN, Kamis (20/1/2022) Festival Gulat Unta Internasional ke-40 diadakan di Selcuk, bagian dari provinsi Aegean Izmir, pada hari Minggu. Pada festival kali ini terdapat 152 unta, lengkap dengan pelana dan kain hias dan bordir berbagai pola dan warna di punuk dan leher mereka.

Unta-unta ini dibawa ke arena berpasir untuk saling beradu. Ada juga wasit dan personel lain di dekatnya dan mereka diharuskan memakai moncong untuk mencegah luka gigitan.

Di sisi lain ribuan orang mengatur meja dan kursi di sebuah bukit yang berdekatan dengan arena dan memasak di atas barbekyu. Di sinilah para penonton makan dan minum sambil menyaksikan unta ini beradu.

festival adu untafestival adu unta di Turki (Osman Orsal/REUTERS)

Gulgun Hamamcioglu, perwakilan Izmir untuk Federasi Hak Hewan (HAYTAP) mengatakan, mendorong hewan untuk saling bertarung adalah kejahatan besar.

"Tolong mari kita bersama-sama menghentikan gambaran rasa malu ini, pemandangan yang membuat kita malu terhadap kemanusiaan," kata Hamamcioglu.

Mehmet Falakali, mantan kepala kantor Selcuk kementerian pariwisata pun angkat bicara bahwa unta tidak dapat saling melukai secara serius. Juga ada personel untuk memisahkan mereka jika bentrokan menjadi terlalu intense.

"Orang-orang yang bertugas memisahkan unta-unta itu saling menjauh ketika wasit melihat perkembangan negatif. Tentu saja tidak ada yang namanya saling mematahkan atau menggigit," tambah Falakali, yang telah membantu menyelenggarakan festival selama 35 tahun terakhir.

Necip Cotura yang memiliki tiga ekor unta dan mengikuti festival sebagai hobi mengatakan, acara tersebut merupakan tradisi lama.

"Ini adalah sesuatu yang dilakukan dengan cinta. Ini bukan pertarungan, ini gulat seperti halnya manusia bergulat," katanya.

Yahya Yavuz, peserta lain mengatakan, keluarganya merawat empat unta mereka seperti anak-anak mereka dan unta-untanya tidak akan menyakiti orang lain.

Kalau traveler, apakah setuju dengan festival adu unta di Turki ini?



Simak Video "Ada Tradisi Gulat Unta di Turki"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA