Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 01 Feb 2022 10:30 WIB

TRAVEL NEWS

Terpopuler: Pecinan Cibubur Bak Kota Mati-Penjaga Air Gunung Slamet

Tim detikcom
detikTravel
Sebelum pandemi merebak, salah satu kawasan yang ramai jelang Imlek yakni Kampung China, Cibubur. Seperti apa kondisi terkininya?
Kampung China Cibubur (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Berita terpopuler detikTravel pada hari kemarin diwarnai adanya kabar miris dari Pecinan atau Kampung China di Cibubur. Tiada lagi keramaian di sana.

Tahun-tahun sebelumnya, saat Imlek salah satu tempat yang selalu ramai dikunjungi warga adalah Kampung China Cibubur. Namun tahun ini sepi pengunjung.

Semenjak pandemi melanda, Kampung China di Cibubur tak ramai seperti dulu lagi. Walau besok perayaan Tahun Besar China atau Imlek, namun tak banyak pengunjung yang datang.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (30/1/2021) semenjak siang bisa dihitung jari jumlah pengunjung yang datang. Para pedagang pun juga tidak banyak dan juga sepi pembeli.

Terlihat petugas kebersihan menyapu sampah dedaunan diantara deretan toko yang tutup. Ya, jumlah toko yang buka pun bisa dihitung jari. Sepi.

Satu dua pengunjung yang datang pun hanya untuk foto dan melihat-lihat. Lalu mereka keluar gerbang.

Suasana Imlek yang meriah terkesan jauh dari Kampung China ini. Tidak ada lampion yang bergantungan atau musik-musik khas China untuk meramaikan kampung wisata ini. Apalagi barongsai yang selalu ditunggu-tunggu atraksinya di pergantian tahun ini.

Namun yang ada hanyalah puluhan kios yang tutup. Hanya beberapa pedagang yang bertahan menjajakan dagangannya walau pengunjung beberapa saja.

Ada pedagang baju khas China, aksesoris khas Imlek, dan pedagang payung, sendal, dan kantin yang meramaikan Kampung China. Selebihnya hanyalah kios yang tutup, terbengkalai bahkan ada yang hampir roboh.

Berikut tautan lengkap dari 10 berita terpopuler detikTravel pada hari kemarin:



Simak Video "Sandiaga Uno Sebut Pecinan Glodok Punya Storynomics Tourism"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA