Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Mar 2022 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Khawatir Kegemukan, 2 Panda di Kebun Binatang Taipei Harus Diet

Panda di Kebun Binatang Taipei
Foto: Panda di Kebun Binatang Taipei (Taipei Zoo)
Jakarta -

Kebun Binatang Taipei mengumumkan dua panda tengah melakukan diet khusus dan rutinitas olahraga. Penjaga khawatir hewan-hewan ini jadi gemuk.

Dikutip dari SCMP oleh detikTravel, dua panda betina bernama Yuan Zai dan Yuan Bao merupakan putri dari dua panda dewasa yang dihadiahkan China ke Taiwan. Yuan Zai yang berusia sembilan tahun sudah seberat ayahnya, yaitu 115 kg, sedangkan Yuan Bao yang baru berusia satu tahun beratnya sudah mencapai 70 kg.

Sebetulnya, kisaran berat badan yang sehat untuk panda dewasa betina adalah antara 105 hingga 110 kg. Panda yang kelebihan berat badan bisa memicu hipertensi dan hiperglikemia. Hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kebun Binatang Taipei menyatakan dua panda tersebut sehat. Namun tindakan pencegahan dilakukan untuk membantu kedua hewan mendapat berat badan ideal.

Mereka akan diberi makan rendah gula, garam dan lemak namun tinggi protein . Panda-panda juga didorong berolahraga dan lebih aktif dalam menurunkan badan.

Menurut penjaga kebun binatang, pasangan tersebut hidup kurang aktif di penangkaran jika dibandingkan dengan di alam liar. Mereka juga punya akses ke makanan yang lebih bergizi, sehingga mereka mudah menambah berat badan.

"Demi kesehatan mereka, saya berharap pelan-pelan bisa membantu mereka mencapai berat badan ideal melalui pergantian makanan," ujar salah satu penjaga kebun binatang.

Selain berolahraga secara teratur, panda-panda ini juga akan memainkan permainan yang dirancang oleh penjaga. Tujuannya agar mereka lebih sering bergerak di sekitar kandang dan menghabiskan banyak energi untuk membakar lemak.



Simak Video "Potret Menggemaskan Perayaan Ulang Tahun Panda di Kuala Lumpur"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA