Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 31 Mar 2022 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Terbaru, Wanita di Atas 45 Tahun Bisa Umrah Tanpa Mahram

Tim Detikcom
detikTravel
Saat ini pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali untuk umroh dan haji di jamaah negara internasional. Tetapi tidak semua negara bisa masuk karena alasan tertentu dan jenis vaksin yang tidak diakui oleh Saudi Arabia. Lalu bagaimana nasib  para jamaah umroh dan haji Indonesia?
Ilustrasi umrah (Getty Images)
Jakarta -

Kabar terbaru tentang aturan umrah. Yang ini, khusus untuk wanita dengan golongan usia 45 tahun ke atas.

Otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa jemaah wanita bisa mendapatkan visa umrah tanpa pendamping pria atau mahram.

Dilansir dari Saudi Gazzete, Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi mengumumkan bahwa hanya wanita berusia 45 tahun ke atas yang bisa mendapatkan visa tanpa mahram.

Umrah tanpa mahram itu juga berlaku untuk jemaah wanita dari luar negeri.

Syarat lain ditetapkan oleh Kementerian Urusan Haji dan Umrah, yaitu umrah tanpa mahram hanya bisa dilakukan secara berkelompok alias harus rombongan.

Kementerian Urusan Haji dan Umrah menekankan bahwa agen-agen umrah lokal yang berwenang harus membentuk kelompok atau rombongan jemaah wanita itu.

Dalam pernyataannya, Kementerian Urusan Haji dan Umrah juga menegaskan bahwa jemaah wanita berusia di bawah 45 tahun diwajibkan untuk didampingi mahram.

Sebelumnya Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi mengumumkan bahwa pihaknya akan mengizinkan orang-orang yang belum divaksinasi virus Corona (COVID-19) untuk menjalankan umrah dan salat di dua masjid suci di Saudi, dengan syarat mereka tidak terinfeksi atau melakukan kontak dengan pasien Corona.

Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi dalam pernyataannya juga membatalkan persyaratan verifikasi status kesehatan via aplikasi Tawakkalna yang sebelumnya berlaku.



Simak Video "Arab Saudi Resmi Cabut Larangan Warganya Bepergian ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA