Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Mei 2022 18:01 WIB

TRAVEL NEWS

Berburu Antrean Paspor yang Menahun, Bak Menggali Emas

Paspor paling sakti 2020: Indonesia nomor 49, ke negara mana saja bisa masuk tanpa visa?
Ilustrasi paspor Indonesia (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Bikin paspor tidaklah sulit tapi harus gigih. Permasalahannya adalah kuota pembuatan paspor sudah seperti momen emas, langka sekali.

Pemandangan mencari kuota pembuatan paspor di sekitar Jakarta misalnya, traveler harus antre dari sebelum subuh. Jika Anda datang selepas matahari terbit pastilah tak mendapat kuota itu.

Saat ini, sistem antrean sudah dibuat digital melalui M-Paspor. Namun, dilihat detikcom Jumat (20/5/2022), sekira pukul 13.00 WIB, aplikasinya hanya memutar-mutar saja, dan berakhir error saat baru masuk, apalagi bisa memilih kantor imigrasi.

Sepertinya terlalu banyak pengunjung di servernya. Seperti diketahui, syarat perbatasan berbagai negara sudah mulai dilonggarkan dan pasti banyak yang membuat atau memperbarui paspor.

M-PasporM-Paspor Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

detikcom sudah mencoba membuat paspor dari Rabu pertengahan minggu ini. Karena tak mendapat kuota melalui M-Paspor, saya bertanya ke salah satu CS di Kanim Jaksel, dan mendapat jawaban kalau sistem kuota di aplikasi mobile itu dibuka di hari Jumat setiap tengah hari.

Waktu subuh tadi, saya mencoba peruntungan mendatangi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Lippo Mall Kemang. Sekira pukul 04.30 WIB saya berangkat dan harus kembali ke tempat tinggal karena tidak boleh mengenakan celana pendek.

Saat datang pertama ke Lippo Mall Kemang saya salah masuk gerbang karena gerbang masuknya ada di Jalan Kemang Raya. Tiba di gerbang pukul 05.00 WIB, saya diberitahu satpam bahwa antrean sudah banyak.

M-PasporM-Paspor Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Karena tak tahu lokasi persis Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Lippo Mall Kemang, saya sempat mengitari mal itu. Setelah bertanya pada pekerja dan satpam lagi, saya beserta satu orang lagi tiba di lokasi.

Namun, kami terlambat. Pukul 05.30 WIB, antrean walk-in paspor biasa sudah penuh karena hanya menyediakan 25 tempat saja.

Jadi, di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Lippo Mall Kemang ada antrean biasa. Traveler bisa mengisi daftar hadir di map yang disediakan di depan pintu, namun harus sangat awal datangnya karena ada yang antre pukul 03.00 WIB.

M-PasporM-Paspor Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom

Mengingat perkataan CS di Kanim Jaksel, saya cek berkala aplikasi M-Paspor. Benar, kuota mulai dibuka pada pukul 14.00 WIB tapi aplikasi itu sangatlah berat.

Saat terbuka bagian pemilihan tanggal dengan ikon kuota, yang tersisa sangatlah sedikit dari ratusan hanya tersisa hitungan jari atau belasan saja dalam beberapa menit. Pantas kuota ini jadi seperti menggali emas.

Hingga proses pembayaran, saya menghabiskan waktu hingga satu jam. Proses datanya terasa begitu berat karena ada ikon yang memutar-mutar terus. detikcom masih berupaya menghubungi pihak Imigrasi terkait hal ini.



Simak Video "Tanggapan Pihak Imigrasi Jaksel soal Antre Layanan Paspor dari Subuh "
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA