Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Jun 2022 10:53 WIB

TRAVEL NEWS

Terpopuler: Sandiaga Uno soal Harga Mahal Tiket Mendaki Candi Borobudur

Tim detikcom
detikTravel
Borobudur Temple on the 24th October 2019 in Java in Indonesia. Borobudur is a 9th-century Mahayana Buddhist temple in Magelang Regency. Its the worlds largest Buddhist temple, consisting of nine stacked platforms, six square and three circular, topped by a central dome. (photo by Sam Mellish / In Pictures via Getty Images)
Candi Borobudur (In Pictures via Getty Images/Sam Mellish)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengumumkan harga tiket Borobudur yang mengalami kenaikan. Menparekraf Sandiaga Uno merespons.

Ada kebijakan harga khusus untuk mendaki Candi Borobudur. Untuk wisatawan nusantara sebesar Rp 750 ribu, wisatawan mancanegara USD 100 dan pelajar dalam study tour sekolah Rp 5.000.

"Borobudur adalah destinasi super prioritas yang sedang kita persiapkan secara totalitas. Apa yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Kemarin, tentunya merupakan wujud dari gerak lintas kementerian lembaga pemerintah pusat, pemerintah daerah dan stakeholders," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Namun, Sandiaga menuturkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, keadaan ekonomi sedang dalam kondisi yang berat, terutama masyarakat menengah ke bawah. Selain itu gaya hidup semakin tinggi, harga bahan pokok semakin naik, harga pangan dan energi.

"Kita tentunya harus menyampaikan empati yang betul-betul mensinergikan atau menyambungkan dengan keadaan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya masyarakat yang baru saja keluar dari pandemi pariwisata yang baru saja menggeliat kembali, ekonomi yang baru saja bangkit kembali," kata Sandiaga.

"Oleh karena itu, kami akan melakukan tentunya langkah-langkah strategis, setelah mendapatkan masukan begitu banyak dari pada netizen, juga dari para ahli dan dunia usaha pelaku pariwisata dan ekraf, ahli-ahli budaya, tokoh-tokoh agama tokoh-tokoh masyarakat dan tentunya akan kami koordinasikan," dia menambahkan.

Harapannya yakni Borobudur bisa lebih dari sekedar destinasi wisata. Bangunan bersejarah ini adalah peradaban masyarakat Indonesia.

"Ini merupakan peninggalan dari heritage, pelestarian budaya kita, juga dari nenek moyang kita, bahwa bagaimana kita ikut bisa memastikan Borobudur ini adalah destinasi yang ramah pada lingkungan," kata Sandiaga.

Adapun laporan yang diterima, dalam beberapa tahun terakhir bahwa keausan dari batu-batu Borobudur yang mengalami degradasi yang bisa dibilang drastis.

"Jadi, kalau saya bisa simpulkan tentunya kami akan terus melakukan koordinasi pengembangan-pengembangan desa wisata seputar Borobudur ini akan terus kami tingkatkan dan khusus mengenai kebijakan kuota dan harga khusus tersebut tentunya akan disesuaikan dari kajian lintas kementerian lembaga dan akan juga melibatkan stakeholders," kata Sandiaga.

Artikel respons Sandiaga soal harga tiket mendaki Candi Borobudur itu menjadi yang terpopuler di detikTravel kemarin.

Berikut 10 artikel terpopuler detikTravel pada Senin (6/6/2022):

1. Heboh Tarif ke Candi Borobudur Naik, Sandiaga Buka Suara!



Simak Video "Kemenparekraf Siapkan Peta Jalan-Desa Wisata di Area Candi Borobudur"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA