Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 19 Jul 2022 07:18 WIB

TRAVEL NEWS

Aturan Naik Pesawat Terbaru Diterapkan, Bandara Soekarno Hatta Tetap Ramai

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Protokol kesehatan dalam penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta - Denpasar
Penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta - Denpasar. (Yasmin Nurfadila/detikTravel)
Labuan Bajo -

Aturan perjalanan naik pesawat atau perjalanan udara terbaru kembali diterapkan mulai 17 Juli. Bandara Soekarno Hatta tetap ramai.

Dalam Surat Edaran (SE) Menhub Nomor 70 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19, hanya penumpang yang sudah booster dan anak di bawah usia 6 tahun yang tidak perlu menunjukkan hasil tes antigen atau PCR.

Keramaian di Bandara Soekarno Hatta itu terjadi baik di penerbangan internasional maupun domestik. Terpantau pada Senin (18/7/22) pagi gerbang check in perseorangan dan perusahaan ramai oleh penumpang dan antrean lumayan panjang.

Protokol kesehatan dalam penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta - DenpasarKepadatan gerbang check in. (Yasmin Nurfadila/detikTravel)

Menurut perwakilan Garuda Indonesia penerbangan udara domestik dengan maskapai pelat merah itu memang berangsur-angsur ramai kembali. Terutama, di bulan Juni saat masa libur sekolah.

Kepadatan penumpang juga terlihat di dalam pesawat. Meski liburan sekolah telah usai bagi beberapa kalangan, terpantau kursi pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta - Denpasar pada hari yang sama tetap penuh oleh penumpang.

Protokol kesehatan dalam penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta - DenpasarSuasana dalam penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta - Denpasar. (Yasmin Nurfadila/detikTravel)

Berbeda dengan masa pandemi awal saat Garuda masih menerapkan peraturan seat distancing, kini kapasitas kursi pesawat sudah dapat diisi seluruhnya. Meski begitu, penerbangan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Penumpang diharuskan menggunakan masker di dalam pesawat. Pihak maskapai dapat memberikan sanksi tegas bila penumpang melanggar aturan penggunaan masker.

Pengecualian diberikan hanya ketika penumpang makan dan minum. Bahkan dalam pengumumannya, kru pesawat Garuda Indonesia memberikan instruksi khusus jika penumpang batuk atau bersin saat makan.

Selain penerapan dari penumpang, pihak maskapai juga melakukan inspeksi pesawat rutin. Pesawat yang digunakan telah dilengkapi filter udara HEPA serta telah disterilisasi menggunakan desinfektan.

Penumpang juga diberi personal health kit untuk menunjang penerapan protokol kesehatan. Health kit yang diberikan berisi masker dan hand sanitizer.

Setelah landing, proses turunnya penumpang pun tetap mengikuti anjuran physical distancing. Urutan penumpang ke luar disesuaikan dengan urutan kursi.

Secara umum berdasarkan pantauan detikcom, protokol kesehatan diterapkan dengan cukup ketat dalam perjalanan udara di masa pemulihan pasca pandemi ini. Penerapan ini juga didukung oleh para penumpang yang kooperatif dan mematuhi aturan dengan baik.

Dengan diberlakukannya aturan perjalanan udara baru, traveler kini semakin mudah untuk bepergian. Meski peraturan dan batasan sudah melonggar, namun traveler tak perlu khawatir. Para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, salah satunya yaitu maskapai penerbangan, tetap menerapkan protokol kesehatan.



Simak Video "Kemenkes Bicara soal WHO Sebut Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA