Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 06 Okt 2022 19:06 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Jadi Negara Paling Banyak Dikunjungi Turis

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Pemerintah Arab Saudi mulai longgarkan prokes COVID-19 berupa jaga jarak. Kini jamaah di Masjidil Haram Makkah bisa melaksanakan salat dengan barisan yang rapat
Jemaah Haji jadi salah satu penyumbang kunjungan wisatawan terbesar bagi Arab Saudi. Foto: Dok. Haramain Sharifain
Jakarta -

Berdasarkan data yang dirilis oleh UNWTO, Badan PBB yang mengurusi pariwisata dunia, Arab Saudi menjadi negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2022.

Tahun 2022 menjadi tahun pemulihan industri pariwisata dunia. Hingga enam bulan pertama tahun ini, tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai belahan dunia telah menunjukkan peningkatan signifikan. Bahkan tingkat kunjungan ke beberapa negara sudah berhasil pulih sepenuhnya.

Dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (6/10/2022) berdasarkan data terbaru yang diterbitkan oleh UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia PBB), Arab Saudi menjadi negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan di tahun 2022. Dengan angka 18 juta kunjungan wisatawan.

Jumlah ini kemudian diikuti oleh Uni Emirat Arab dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 14,8 juta. Kemudian posisi ketiga ditempati oleh Maroko dengan 11 juta kunjungan wisatawan.

Wilayah Timur Tengah lainnya juga memiliki jumlah kunjungan wisatawan yang tak kalah banyak. Suriah mendapatkan 8,5 juta kunjungan wisatawan, Tunisia 5,7 juta kunjungan, Mesir 5,2 juta, Bahrain 4,3 juta, dan Yordania 3,5 juta.

Dilansir dari laman resmi UNWTO, benua Eropa serta kawasan Timur Tengah memang menjadi kawasan dengan pemulihan pariwisata paling cepat pada periode Januari-Juli 2022. Hingga bulan Juli kemarin, jumlah kunjungan wisatawan ke benua Eropa telah mencapai 74-76 persen dari jumlah kunjungan di 2019.

Sementara di Timur Tengah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara mereka telah melebihi level sebelum pandemi pada bulan Juli 2022. Jika dibandingkan dengan 2021, maka terjadi peningkatan jumlah kunjungan sebanyak 287%. Salah satu penyumbang terbesar jumlah kunjungan ini berasal dari dibukanya kembali ibadah Haji.

Capaian Arab Saudi sebagai negara dengan kunjungan wisatawan terbanyak disambut positif oleh pemerintah. Mengingat sejak beberapa tahun terakhir Arab Saudi memang telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu fokusnya.

Pariwisata bahkan menjadi salah satu sektor yang menjadi pilar utama dalam Visi Kerajaan 2030. Yang bertujuan untuk melakukan diversifikasi ekonomi agar tak hanya bergantung pada minyak.



Simak Video "Indonesia Ajukan Diri Jadi Dewan Eksekutif Organisasi Pariwisata Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA