Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 13 Okt 2022 07:41 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Mimpi, Misi Ini Berhasil Lihat Langsung Kapal Titanic

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Kapal Titanic
Kapal Titanic. Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Para petualang yang disebut 'mission specialists' berhasil mewujudkan mimpi mereka untuk mengeksplorasi kapal Titanic secara langsung.

Terinspirasi dari banyaknya misi yang dilakukan untuk mengeksplorasi luar angkasa. Sekelompok petualang memutuskan untuk melakukan hal yang sama. Namun bukan untuk menjelajah angkasa, melainkan lautan.

Dilansir dari BBC, perusahaan OceanGate milik Stockton Rush memiliki visi untuk dapat mengeksplorasi dunia bawah laut. Dengan semangat yang sama seperti yang dilakukan Elon Musk, Richard Branson, dan Jeff Bezos untuk melakukan perjalanan luar angkasa. Ia ingin semua orang yang memiliki uang juga dapat melakukan penjelajahan dunia baru di bawah laut.

Salah satu penjelajahan yang telah ia impikan adalah untuk melihat dan mengeksplorasi langsung kapal Titanic. Menurutnya lokasi tempat bangkai kapal Titanic berada merupakan lokasi penyelaman wajib.

"Saya membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa ada tiga kata dalam bahasa Inggris yang dikenal di seluruh planet, yaitu Coca-Cola, God (Tuhan), dan Titanic," ujarnya.

Untuk membuat mimpi bertemu Titanic ini menjadi nyata, ia harus membuat kapal selam jenis baru. Dari bahan yang ringan, namun dapat membawa hingga lima orang ke kedalaman kapal Titanic berada.

Meski sempat diragukan banyak orang, Rush berhasil mewujudkan mimpinya. Tahun lalu, ia berhasil mencapai lokasi bangkai kapal Titanic tersebut. Kini, ia berhasil kembali ke sana bersama banyak orang.

Kali ini ia berhasil membawa para awak kapal, staf OceanGate, ilmuwan, serta sekelompok kecil petualang yang disebut dengan 'mission specialist'. Para petualang ini ikut bersama Rush dengan membayar biaya sebesar USD 250.000.

Para petualang tersebut di antaranya yaitu seorang bankir bernama Renata Rojas, pebisnis Oisin Fanning, dan pekerja TV profesional Jaden Pan, serta ahli kelautan Steve Ross dan pilot kapal selam Scott Griffith.

Rojas menjelaskan bahwa ia telah menabung selama bertahun-tahun untuk mewujudkan mimpinya ini. Ia telah lama ingin bisa melihat kapal Titanic secara langsung dari dekat.

"Saya bukanlah seorang miliuner. Saya sudah menabung sejak lama. Saya membuat banyak pengorbanan dalam hidup untuk bisa melihat langsung Titanic. Saya tidak punya mobil, belum menikah, tidak punya anak. Dan semua keputusan itu adalah karena saya ingin melihat Titanic," ujarnya.

Diceritakan bahwa saat kapal selam mereka tiba di dasar laut, kapal mereka mendarat di area puing seluas 15 meter persegi. Saat mendarat, mereka serempak tanpa dikomando menundukkan kepala untuk memberi penghormatan.

"Kami berlima secara tidak resmi mengheningkan cipta," kata Pan.

"Hal pertama yang saya lihat adalah potongan-potongan batu bara. Itulah momen yang menghubungkan saya dengan sisi kemanusiaan Titanic. Fakta bahwa orang-orang telah menyekopnya, membawanya ke atas kapal, dan saat tenggelam, semuanya tumpah begitu saja," dia menambahkan.

Saat proses pendaratan itu, mereka sempat mengalami kendala. Namun semuanya berhasil diatasi dan mereka berhasil tiba di lokasi tujuan utama mereka, yaitu dek tempat terjadinya momen ikonik Jack dan Rose dalam film.

Mereka kemudian berfoto di sana dan menghabiskan sisa waktu mereka untuk mengeksplorasi bangkai dan puing-puing kapal Titanic yang ada. Sementara itu, data yang mereka kumpulkan dalam video masih membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk dianalisis lengkap. Meski begitu, misi tersebut sangatlah memuaskan bagi semua yang terlibat.

"Saya perlu melakukannya untuk merasa lengkap. Sekarang saya sudah merasa lengkap," kata Rojas sambil menyeka air matanya.



Simak Video "Diklaim Mirip, Replika Kapal Titanic Ini Tengah Dibuat di China"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA