Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 26 Nov 2022 09:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kebiasaan Bersih-bersih Jepang Bikin Warga Qatar Heran

Tim detikcom
detikTravel
Japan supporters clean the stands at the end of the World Cup group E soccer match between Germany and Japan, at the Khalifa International Stadium in Doha, Qatar, Wednesday, Nov. 23, 2022. Japan won 2-1.(AP Photo/Eugene Hoshiko)
Supoter Jepang bersih-bersih stadion (AP/Eugene Hoshiko)
Jakarta -

Kebiasaan bersih Jepang jadi perbincangan dunia. Di Piala Dunia Qatar 2022, pendukung Jepang selalu bersihkan stadion usai pertandingan.

Sejak awal pembukaan Piala Dunia 2022, pendukung Jepang sudah mencuri perhatian meski timnasnya belum bertanding. Aksi bersih-bersih di stadion bikin fans tuan rumah terheran-heran.

Piala Dunia 2022 resmi dibuka dengan opening ceremony dan dilanjutkan duel di babak Grup A antara Qatar dan Ekuador. Dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor pada Minggu (20/11/2022) itu, Ekuador keluar sebagai pemenang dengan dua gol tanpa balas.

Laga itu tidak hanya ditonton oleh dua suporter tim yang berlaga, tetapi ada sekelompok fans timnas Jepang. Mereka tidak banyak, tetapi berhasil membetot perhatian dunia.

Saat seluruh penonton telah meninggalkan stadion, fans Jepang belum pulang. Mereka tidak sekadar duduk-duduk dan berfoto di stadion. Mereka berkeliling stadion dan mengumpulkan sampah.

Warga Qatar sampai tercengang dibuatnya. Tak mau kehilangan momen yang bikin mereka keheranan itu, warga lokal pun merekam dan membagikannya di media sosial. Eh, video itu viral.

"Seseorang meyakinkan saya bahwa ini hal yang lumrah," kata Omar Farooq saat melihat fans timnas Jepang mengumpulkan botol-botol bekas minuman setelah stadion sepi penonton seperti dikutip dari Talk Sport.

"Fans Jepang memutuskan untuk membersihkan stadion. Ini bahkan bukan pertandingan timnas mereka!" kata dia lagi.

"Saat saya bertanya kepada mereka, 'Mengapa kamu membersihkan sesuatu yang tidak berhubungan denganmu?' Jawabannya adalah, 'Orang Jepang tidak pernah meninggalkan sampah. Kami selalu menghormati tempat di mana kami berada', begitu katanya," Omar menambahkan.

Omar kemudian merekam bagian stadion lebih luas dan rupanya lebih banyak fans timnas Jepang yang tersebar di sana. Mereka melakukan hal serupa, mengumpulkan sampah.

"Yang seperti ini pernah saya dengar, tetapi saya tidak pernah mengira ini nyata. Wow," ujar Omar.

Fans timnas Jepang bukan kali ini saja menunjukkan aksi bersih-bersih stadion saat Piala Dunia. Mereka menjadi sorotan dunia dan diacungi jempol kala melakukan aksi serupa di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Saat itu, aksi bersih-bersih bahkan dilakukan fans timnas Jepang setelah kekalahan yang memilukan bagi Jepang di tangan Belgia 2-3.

Tidak hanya fans timnas Jepang yang melakukan bersih-bersih, pemain pun meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih. Bahkan, mereka meninggalkan catatan bertuliskan 'terima kasih' dalam bahasa Rusia.

Itulah berita terpopuler detikTravel, Selasa (22/11) kemarin. Selain itu, ada juga berita tentang rombongan Rubicon arogan yang masuk Bromo dan fans Timnas Inggris yang masuk kandang singa saat sedang cari bir di Qatar.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel selama sepekan:



Simak Video "Potret Suporter Jepang saat Bersih-bersih Stadion Piala Dunia 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA