Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 05 Des 2022 09:35 WIB

TRAVEL NEWS

Terpopuler: AirAsia Overbooked, Penumpang Diseret Keluar Pesawat

Tim detikcom
detikTravel
Penumpang AirAsia Diusir dari Pesawat
Foto: Penumpang AirAsia diseret keluar pesawat (Facebook)
Jakarta -

Pesawat AirAsia penuh dengan penumpang, bahkan mengalami overbooked. Sampai ada penumpang yang diseret keluar pesawat oleh petugas. Begini ceritanya...

Susan Yong menceritakan pengalaman tidak menyenangkan yang dialaminya saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Chiang Mai, Thailand.

Susan mengatakan, dia sudah memesan tiket liburan ke Chiang Mai naik AirAsia sejak bulan April 2022. Dia membeli tiket untuk dirinya, ibunya, suaminya, dan mertuanya.

Tepat pada hari H penerbangannya, Sabtu (19/11) Susan bersama rombongannya pun pergi ke Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Namun begitu sampai di konter check in, Susan merasa sangat terkejut ketika diberi tahu oleh petugas, bahwa pesawat yang akan mereka naiki sudah penuh penumpang.

Susan pun diminta untuk naik penerbangan AirAsia ke Chiang Mai pada keesokan harinya. Tentu saja Susan tidak mau karena mereka sudah memesan mobil dan hotel di Chiang Mai sejak jauh-jauh hari.

Beberapa saat kemudian, tiba-tiba saja petugas konter check in AirAsia bilang, masalah pada penerbangan mereka telah teratasi. Susan dan keluarga diminta memasukkan bagasinya dan boarding ke dalam pesawat.

Susan pun diberikan boarding pass yang ditulis tangan oleh petugas konter check in. Boarding pass tulis tangan itu tidak memiliki nomor kursi. Kata petugas, nomor kursi akan diberi tahu ketika mereka sudah masuk ke dalam pesawat.

Semuanya berjalan normal, sampai ketika mereka masuk ke dalam pesawat dan menemukan bahwa Susan dan suami tidak kebagian kursi.

Petugas di sana bilang, nama Susan dan suami masuk dalam daftar 'No Show' alias penumpang cadangan, yang baru dapat kursi jika ada penumpang lain yang tidak muncul di penerbangan itu.

Pramugari yang bertugas meminta Susan dan suami untuk menunggu, sambil dia berusaha untuk mencarikan kursi buat mereka. Namun tiba-tiba, ada petugas lain yang datang ke pesawat dan meminta Susan dan suami untuk keluar dari pesawat.

"Dia berjalan dari kejauhan. Attitudenya sungguh buruk ketika meminta kami keluar pesawat. Saya sangat shock. Dia bilang, 'Kalian tidak punya tiket, tolong keluar dari pesawat sekarang juga. Kalian tidak boleh di sini," kata Susan.

Susan dengan tegas menolak. Apalagi orang tua Susan dan suaminya sudah duduk di dalam pesawat. Mereka takut pesawat akan terbang membawa orang tuanya yang sudah sepuh tanpa mereka dampingi.

Aksi gontok-gontokan sempat terjadi. Petugas keamanan sebanyak 6-7 orang pun dikerahkan untuk mengawal Susan dan suaminya keluar pesawat. Namun akhirnya, Susan dan seluruh anggota keluarganya keluar dari pesawat dan tidak jadi terbang bersama AirAsia.

"Setelah keluar dari pesawat, saya tidak bisa berbicara dan hanya bisa menangis," kata Susan.

Susan sekeluarga akhirnya terbang keesokan harinya. Pihak AirAsia hanya memberikan hotel dan kredit senilai US$ 100 (sekitar Rp 1,5 jutaan) ke akun mereka sebagai kompensasi. Namun Susan menolak. Dia akan melaporkan insiden ini ke kepolisian Malaysia.

Itulah berita terpopuler detikTravel, Minggu (4/12/2022). Selain berita itu, ada juga berita tentang Qatar yang serba mahal dan tips dari pilot agar traveler jangan melepas sepatu di pesawat.

Berikut Daftar Berita Terpopuler detikTravel, Minggu (4/12/2022):

1. Kronologi AirAsia Overbooked, Tiket Tulis Tangan, Penumpang Diseret Keluar

2. Qatar Serba Mahal, tapi WAGs Inggris Santai Nginap di Kapal Pesiar dan Hotel Bintang 5

3. Bocoran dari Pilot: Jangan Lepas Sepatu di Pesawat

4. Gelombang Raksasa Tewaskan Penumpang Kapal Pesiar

5. 10 Daftar Kota Paling Mengecewakan, Jakarta dan Denpasar di 4 Besar

6. Kisah Penumpang Tolak Beri Kursi ke Nenek 60 Tahun, Namun Malah Dapat Pujian

7. Polemik Kereta Cepat Jakarta Bandung Bikin Mati KA Argo Parahyangan

8. Derita Jelata Pas Piala Dunia: ke Qatar Mahal, Jersey Timnas Beda Tipis UMP DIY

9. Salju Hilang Bertahun-tahun, Lift Ski pun Dirubuhkan

10. Viral Tiktoker Dituding Lecehkan India, Sebut Kota Suci Sangat Menakutkan



Simak Video "Alasan Tony Fernandes Mundur Sebagai CEO Group AirAsia X"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA