Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Okt 2012 16:18 WIB

DESTINATIONS

Hiii! Ada Festival Hantu Lapar di Medan

Afif Farhan
detikTravel
Festival Hantu Lapar (forum.detik.com)
Medan - Dari namanya, festival di Medan ini akan mengundang banyak tanya. Festival Hantu Lapar adalah perayaan etnis Tionghoa menyambut kedatangan roh dan hantu, dengan cara membakar 'uang'. Unik sekaligus menarik!

Ada berbagai macam etnis yang tinggal di Medan, Sumatera Utara. Salah satunya adalah Tionghoa. Setiap etnis punya perayaan yang berbeda dan menjadi daya tarik tersendiri bagi traveler. Festival Hantu Lapar adalah salah satu perayaan dari Tionghoa yang menarik untuk dilihat dari dekat.

Dari berbagai sumber yang dirangkum detikTravel, Kamis (11/10/2012), Festival Hantu Lapar adalah perayaan yang dilakukan oleh etnis Tionghoa setiap tahunnya. Perayaan ini dilakukan pada bulan ketujuh di penanggalan China. Bulan ketujuh tersebut disebut juga sebagai Bulan Hantu, saat itulah roh dan hantu akan keluar untuk mengunjungi bumi.

Nah, kedatangan mereka pun disambut dengan cara membakar 'uang'. Tenang saja, itu bukanlah uang sungguhan. 'Uang' tersebut adalah lembaran kertas berukuran 20x20 cm yang berwarna kuning. Uang-uang tersebut bertebaran di depan halaman vihara.

Lalu, Patung Dewa Neraka dari dalam vihara pun dikeluarkan. Saat patung tersebut dibakar, uang-uang tersebut pun ikut dibakar. Rupanya, tak hanya itu saja, tapi ada 'rumah mewah' dan 'harta-harta' lainnya pun dibakar. Eits, itu pun juga replika lho!

Ada juga nampan yang berisi makanan yang tertata secara rapi di dalam perayaan ini. Makanan tersebut berupa sawi, kue, tebu merah dan mie kering.

Penganut Tao dan Buddha percaya, kehidupan mereka akan makmur setelah melakukan pembakaran 'harta' tersebut. Traveler pun dapat melihat festival ini dari dekat. Mengabadikan setiap momennya akan menjadi cerita tersendiri untuk Anda.


(sst/sst)
BERITA TERKAIT