Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Okt 2018 21:22 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Batu Meriam di Ciamis dan Mitos Bunyi Ledakannya

Dadang Hermansyah
detikTravel
Foto: Batu Meriam di Ciamis (Dadang/detikTravel)
Foto: Batu Meriam di Ciamis (Dadang/detikTravel)
Ciamis - Batu meriam di Ciamis menyimpan mitos yang dipercaya warga lokal. Konon, bisa mengeluarkan bunyi ledakan jika kejadian besar akan terjadi.

Terdapat 5 buah batu berdiri yang disebut batu meriam. Mitosnya batu tersebut bakal mengeluarkan bunyi ledakan sebelum kejadian besar terjadi di negeri ini. Percaya atau tidak, begini cerita lengkapnya.

Lima batu meriam ini berada di Situs Janggala di Desa Janggala, Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Batu itu diduga terlihat seperti peninggalan pada zaman hindu.

Susunan batunya membentuk seperti segi empat setiap sudut berdiri sebuah batu, dan ditengah terdapat batu yang diyakini asal bunyi ledakan sebagai pertanda akan adanya peristiwa besar terjadi. Bukan cuma soal bencana alam atau kejadian alam lain, tetapi juga peristiwa yang menyangkut kehidupan sosial.

5 Batu Meriam di Ciamis dan Mitos Bunyi LedakannyaFoto: Letaknya berada di Situs Janggala (Dadang/detikTravel)


"Seperti pada tahun 2016, gempa dan tsunami menerjang wilayah Pangandaran. Beberapa hari sebelumnya terdengar bunyi ledakan seperti petir yang berasal dari situs ini," ujar juru kunci situs Enjang Hasan yang juga perangkat desa setempat saat ditemui baru-baru ini.

Namun menurut Hasan, bunyi ledakan batu itu tidak bisa didengar oleh semua orang warga desa. Bahkan warga yang berada disekitar situs terkadang tidak mendengar saat berbunyi. Bahkan, bunyi itu bisa terdengar oleh orang yang lokasinya cukup jauh. Cerita ini sudah ada sejak lama dan turun temurun.

"Bunyi itu biasanya terdengar pada malam hari. Ada yang dengar ada yang tidak. Biasa paginya yang dengar suka bertanya-tanya setelah ada bunyi ledakan bakal ada kejadian apa," kata Hasan.

5 Batu Meriam di Ciamis dan Mitos Bunyi LedakannyaFoto: (Dadang/detikTravel)


Hasan menambahkan, setelah terdengar bunyi ledakan, batu meriam yang berada di tengah bergeser dari posisi semula sekitar 1-2 sentimeter.

Peristiwa besar lainnya yang terbukti setelah batu meriam mengeluarkan bunyi ledakan, pada saat Presiden Soeharto lengser dari jabatannya tahun 1998.

Hasan mengaku tidak ada yang mengetahui secara pasti sejarah dari lima batu meriam tersebut. Bahkan pada masa penjajahan Belanda, lokasi itu menjadi salah satu tempat pertahanan.

"Sudah ada dari pemerintah datang ke sini melakukan peninjauan dan penelitian, tapi sampai sekarang belum ada hasil. Batu ini peninggalan apa. Namun yang jelas sejak dulu sampai sekarang batu ini berdiri dan tidak ada yang berubah," pungkasnya. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED