Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Jul 2018 16:10 WIB

TRAVEL NEWS

Dimana Turis RI yang Ditelantarkan Tour Leader di Maroko Sekarang?

Fitraya Ramadhanny
Redaksi Travel
Foto: EA (lingkaran putih) dan 5 turis WNI yang ditinggal di Maroko (dok Istimewa)
Foto: EA (lingkaran putih) dan 5 turis WNI yang ditinggal di Maroko (dok Istimewa)
Jakarta - Sungguh kasihan nasib 5 turis Indonesia yang ditinggal tour leadernya di Maroko. Apakah mereka bisa pulang ke Indonesia?

Netizen terutama dari kalangan traveler, sedang ramai membahas oknum tour leader open trip backpacker berinisial EA yang tega meninggalkan 5 wisatawan Indonesia di Maroko.

Tidak hanya itu, dia juga nyaris tidak membayar mobil sewaan kepada pihak rekanan orang Indonesia di Maroko. Lantas bagaimana nasib para korban?

detikTravel menghubungi Kusnadi, WNI yang tinggal di Maroko dan jadi rekanan EA untuk urusan mobil sewaan. Hampir saja EA tidak membayar mobil yang diurus Kusnadi.


Tonton juga video: 'Catat! Ini Daftar Negara Bebas Visa Bagi Turis Indonesia'

[Gambas:Video 20detik]


Kusnadi pun jadi orang yang berhubungan dengan korban pada saat kejadian tanggal 10 Juli 2018, ketika korban ditinggal EA di Tangier, Maroko. Padahal posisi Kusnadi sedang di Rusia untuk menonton Piala Dunia 2018.

"Saya posting ceritanya di Facebook, terus KBRI Rabat menelepon saya untuk membantu mereka," kata Kusnadi kepada detikTravel, Sabtu (14/7/2018).

Kusnadi pun aktif berkomunikasi dengan para korban. Dia memperlihatkan kepada detikTravel screenshoot obrolan mereka. Bagaimana EA menggondol uang USD 3.800 dan Rp 15 juta milik 5 wisatawan Indonesia. Karena ada di Rusia, Kusnadi cuma bisa membantu lewat telepon.

"Saya cuma bisa mengarahkan dan memberi info yang dibutuhkan supaya mereka bisa pulang," kata Kusnadi.



Dari Tangier di Maroko, para korban menyeberang ke Tarifa di Spanyol, lalu ke Madrid. Pesawat pulang ke Indonesia berangkatnya dari Madrid. Kelima korban kini sudah ada di Indonesia.

"Kemaren sudah sampai Indonesia. Kemaren pas mau terbang ke Indonesia ngabarin dan sekarang sudah sampai di Indonesia," kata Kusnadi.

Apakah kejadian ini bisa dikategorikan sebaga penipuan? detikTravel berusaha menghubungi para korban namun belum mendapatkan respons. detikTravel juga berusaha menghubungi EA untuk meminta klarifikasi. Namun telepon dan pesan dari detikTravel tidak dijawab.

Dimana Turis RI yang Ditelantarkan Tour Leader di Maroko Sekarang?
(fay/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED