Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Apr 2019 14:35 WIB

TRAVEL NEWS

Pemilu di Bali Jadi Tontonan Turis

Aditya Mardiastuti
detikTravel
Foto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Foto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)
Kuta - Pemilu di Bali jadi cerita dan pengalaman tersendiri bagi turis. Mereka melihat antusias warga Kuta saat mencoblos.

Antrean warga yang antusias menyuarakan hak pilihnya di TPS Kuta, Bali jadi perhatian sejumlah turis asing yang lewat. Beberapa di antaranya sibuk memotret dan memperhatikan dengan seksama aktivitas warga di TPS.

Salah satunya Krystel Hayes (36). Wanita asal Brisbane, Australia itu terlihat sabar menunggu pasangannya menyoblos.

"Ini sangat spesial, partnerku sangat bersemangat sekali dan saya tidak tahu banyak tentang Pemilu ini," kata Hayes di TPS 21 Kuta, Jl Legian, Badung, Bali, Rabu (17/4/2019).

Pemilu di Bali Jadi Tontonan TurisFoto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)


Hayes menyebut Pemilu di Indonesia sangat berbeda dengan di negaranya. Salah satunya soal tata ruang hingga karakter pemilihnya.

"Beda set up di Australia saat pemilu, kamu masuk, catat namamu di sana, keluar bawa surat, nggak ada yang tahu siapa yang kamu pilih, sangat rahasia," ujarnya.

BACA JUGA: Manusia Tentara di Kota Tua, Nyoblos Dulu Baru Kerja

Hayes menyebut orang Indonesia sangat terbuka dengan pilihannya. Dia pun memandang itu positif.

"Sementara di sini sangat berbeda. Orang-orang terlihat lebih terbuka dengan siapa yang mereka pilih, di Australia banyak orang merahasiakan pilihan mereka, tapi di Indonesia orang-orang sangat antusias dengan siapa tokoh yang mereka pilih, kupikir ini hal yang baik," tuturnya.

"Saya tadi ke pantai bersama partnerku. Dia asyik diskusi dengan seorang pria tentang siapa capres yang mereka pilih, apa saja alasan memilih capres tersebut. Ini sangat baik karena meningkatkan awareness, itu baik," puji Hayes.

Pemilu di Bali Jadi Tontonan TurisFoto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)


Hal senada juga disampaikan Jack France (18). Pria asal Inggris ini juga memuji antusiasme warga menggunakan hak pilihnya.

"Ini sangat demokratis, bagus sekali warga mengantre untuk memberikan hak suaranya. Ini pertama kalinya saya ke Indonesia," ucap France.

BACA JUGA: Kisah Agus, Rela Sepedaan 3 Hari Jakarta-Pati Demi Nyoblos

Sebagai anak muda, Jack mengaku belum pernah menggunakan hak pilihnya di negaranya. Pemilu di Indonesia pun jadi pengalaman pertamanya melihat proses demokrasi di negara lain.

"Saya belum pernah memberikan hak suara, pemilihan terakhir lalu saya masih terlalu muda," ujar pria yang berencana piknik ke Vietnam dan Thailand itu usai dari Bali.

Pemilu di Bali Jadi Tontonan TurisFoto: (Aditya Mardiastuti/detikTravel)



Tonton juga video Suasana Jelang Pencoblosan di Bali:

[Gambas:Video 20detik]

(ams/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED