Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Nov 2019 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Fakta-fakta Masjid Apung Jakarta Senilai Rp 50 M

Putu Intan Raka
detikTravel
Foto: (dok. PT Pembangunan Jaya Ancol)
Foto: (dok. PT Pembangunan Jaya Ancol)
Jakarta - Pembangunan Masjid Apung di kawasan Ancol resmi dimulai. Seperti apa sih masjid yang pembangunannya menelan biaya Ro 50 M ini?

1. Masjid pertama di Jakarta yang dibangun di atas permukaan laut

Masjid Apung yang dibangun di kawasan Pantai Ria, Ancol, Jakarta Utara ini merupakan masjid pertama di Jakarta yang letaknya di atas permukaan laut . Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ini sudah meresmikan pembangunannya pada akhir pekan kemarin dan mengapresiasi pembangunan masjid ini. Karena setelah 50 tahun lebih, Ancol akan memiliki masjid besar yang bisa menjadi ikon wisata budaya.

2. Diklaim ramah lingkungan

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Teuku Syahir Syahali menjamin keamanan masjid apung di Jakarta dan juga ia menegaskan kalau masjid ini akan ramah lingkungan.

"Prosesi pembuangan semua ini siklusnya tidak ada yang dibuang ke laut. Jadi baik itu limbah air hujan, kita juga buat penampungan untuk penyiraman. Kemudian dari waste (limbah) lain kita recycle," kata Teuku.

Selain itu masjid ini juga mengandalkan pendingin alami yaitu dari angin laut, bukan dari air conditioner (AC).

BACA JUGA: Ini Masjid Terapung di Selat Terpanjang Dunia

3. Didesain dengan penuh makna keislaman

Masjid Apung didesain oleh arsitek kenamaan, Andra Matin. Desain bangunan yang terlihat futuristik ini rupanya menyimpan makna keislaman yang mendalam.

Secara umum, masjid ini digambarkan sebagai sebuah kapal yang membawa ajaran Islam dari utara Jakarta. Masjid ini dibagi menjadi 3 bagian, dimana bagian podium mencerminkan badan kapal, bagian minaret layaknya tiang kapal, dan kubah digambarkan sebagai layar utama kapal.

Kalau dilihat dari atas, masjid seluas 2.000 meter persegi ini akan berbentuk layaknya bulan dan bintang yang menjadi lambang agama Islam.

Masjid Apungnya juga punya 6 menara yang mencerminkan rukun iman. Tinggi menara adalah 25 meter yang melambangkan jumlah nabi dalam Al Quran.

Nah, untuk kubahnya juga unik, berbentuk segilima yang menggambarkan kewajiban solat 5 waktu dan dinding yang berjumlah lima pula menggambarkan 5 rukun Islam. Bangunan masjid memiliki tinggi 19 meter yang melambangkan jumlah huruf dalam kata basmalah.

Fakta-fakta Masjid Apung Jakarta Senilai Rp 50 MFoto: (dok. PT Pembangunan Jaya Ancol)


4. Pembangunannya menelan biaya Rp 50 M

Masjid Apung yang dibangun di kawasan Ancol ini dibangun dengan biaya sekitar Rp 50 M.

"Anggaran pure (murni) dari Ancol," kata Teuku.

Karena pembangunan ini menelan biaya cukup besar, Anies juga berpesan agar masjid dibangun dengan baik.

"Pesan saya harus on budget, on quality, on schedule. Tiga itu harus dipegang dalam proses konstruksi," kata Anies.

5. Masjid Apung bukan cuma tempat ibadah tapi juga tempat wisata

Masjid yang bisa menampung hingga 2.500 jemaah ini nantinya juga akan dibuka untuk umum. Rencananya, Masjid Apung akan dilengkapi dengan perpustakaan digital (digital library).

"Jadi kita harapkan seperti kalau Bapak Ibu pernah ke Masjid Nabawi, di sebelahnya ada Museum Asmaul Husna. Yang kedua juga kita harapakan bisa seperti Blue Mosque di Istanbul. Semoga ke depan masjid ini menjadi ikon yang baru di Jakarta dan Indonesia," terang Teuku.

BACA JUGA: Penemuan Langka! Reruntuhan Masjid Berusia Ribuan Tahun di Israel

6. Belum punya nama

Meskipun pembangunan telah dimulai, masjid apung ini belum memiliki nama. Pihak Ancol menyerahkan pemberian nama masjid kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Kita akan memberikan nama yang memberikan pesan," ujar Anies.

Fakta-fakta Masjid Apung Jakarta Senilai Rp 50 MFoto: (dok. PT Pembangunan Jaya Ancol)


7. Harus sabar menunggu, masjid direncanakan selesai akhir 2020

Proses pengerjaan Masjid Apung telah dimulai pada Sabtu (9/11/2019) lalu, ditandai dengan peletakan tiang pertama. Pihak Ancol mengatakan proses pengerjaan masjid ini kurang lebih memakan waktu satu tahun.

"Mohon doa restu, Insya Allah satu tahun lagi, nanti Desember 2020 sudah bisa dimanfaatkan dan dikunjungi masyarakat," kata Teuku.



Simak Video "Groundbreaking Masjid Apung Ancol, Anies: Kita Harap Jadi Ikon"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA