Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 10:20 WIB

TRAVEL NEWS

RI Dapat Prioritas Vaksin dari China, 13 Aturan Mendaki Semeru

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Image of Hand holds Coronavirus Covid-19 Vaccine glass bottle.
Ilustrasi (iStock)
Jakarta -

Tak sedikit negara di dunia yang berebut vaksin COVID-19 dari China. Indonesia sendiri masuk jadi salah satu negara yang diprioritaskan.

China merupakan salah satu negara pelopor pengembangan vaksin COVID-19. Berbagai pertanyaan pun muncul saat vaksin ini diproduksi massal, antara lain soal kapasitas, manjur tidaknya serta ketersediaannya.

Mengutip South China Morning Post, dari 300 kandidat vaksin di seluruh dunia, 9 sedang dalam proses uji coba pada manusia fase 3, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

4 Vaksin di antaranya diproduksi di China, oleh Sinovac Biotech, perusahaan swasta CanSino Biologics yang berafiliasi dengan militer, dan China National Biotec Group (CNBG) yang merupakan milik negara.

Pejabat China optimistis bahwa batch pertama vaksin Covid-19 akan siap untuk masyarakat umum pada awal November atau Desember nanti.

Menurut Komisi Kesehatan Nasional (NHC), kapasitas produksi vaksin Covid-19 tahunan negara itu akan mencapai 610 juta dosis pada akhir tahun ini, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 1 miliar dosis tahun depan. Populasi China diperkirakan sekitar 1,4 miliar.

Nah terus negara mana yang akan mendapat vaksin dari China ini? Negara-negara di mana pengembang vaksin Tiongkok menjalankan uji klinis dapat menjadi penerima pertama. Itu artinya Uni Emirat Arab, Bahrain, Peru, Maroko, Turki, Bangladesh, Brasil, dan Indonesia akan menjadi penerima pertama.

Vaksin COVID-19 telah menjadi bagian dari upaya China untuk memperbaiki hubungan diplomatik dengan negara-negara dari Asia hingga Afrika.

Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada Majelis Kesehatan Dunia pada pertemuan virtual pada bulan Mei bahwa jika vaksin COVID-19 negaranya tersedia, akan diperlakukan sebagai barang untuk publik global. China telah berjanji bahwa negara-negara Afrika akan menjadi yang pertama mendapat manfaat dari vaksin yang disetujui.

Ia juga mengatakan prioritas akan diberikan kepada negara-negara Sungai Mekong - Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand dan Vietnam - dan berjanji memberi Filipina akses cepat, sementara negara-negara Amerika Latin dan Karibia akan menerima pinjaman USD 1 miliar untuk membeli vaksin COVID-19.

Itulah berita detikTravel terpopuler hari Selasa kemarin (29/9/2020). Ada juga update terbaru soal aturan mendaki Gunung Semeru di situasi pandemi.

Berikut berita terpopuler detikTravel lengkapnya:



Simak Video "Pertama Kalinya China Pamerkan Vaksin Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA