Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Des 2020 09:55 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Mistis Batu Kuda hingga Masjid Termegah di Singapura

Tim detikcom
detikTravel
Singapura tak hanya untuk wisata belanja saja. Kunjungi juga Masjid Sultan yang didirikan oleh Sultan Hussain Shah pada 1824 silam.
Foto: Masjid Sultan di Singapura (Getty Images/Ore Huiying)
Jakarta -

Bandung Timur memiliki kawasan wisata yang masih kental dengan kisah mistis. Ada sebuah batu yang konon berasal dari seorang kuda terbang.

Situs batu kuda merupakan peninggalan agama pra-islam dengan perwujudan seekor kuda yang menjadi tunggangan Prabu Layang Kusuma dan Ratu Layang Sari. Tepatnya, situs ini berlokasi di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Konon katanya kuda terbang berasal dari gunung Kidul yang dinamakan kuda Senprani. Dalam perjalanan menuju ke arah Banten, dia terperosok ke arah yang tak jauh dari kaki gunung hingga hanya separuh badannya saja yang terlihat.

Kini, kudang tersebut telah menjelma menjadi wujud baru. Kubangan di mana tempat kuda yang tak mampu melepaskan diri tersebut kini dikenal dengan Batu Kuda.

Ada pula berita tentang masjid termegah di Singapura. Sudah cukup tua, bangunan tersebut dibangun sejak tahun 1824-1826 oleh Sultan Hussain Shah. Hanya memiliki satu lantai dengan atap dia tingkat, bentuknya mirip dengan Masjid Kampong Laut di Johor Bahru.

Lalu pada tahun 1924, masjid direnovasi. Bangunan baru didirikan di samping bangunan lama. Kubah besarnya yang berwarna emas dengan beberapa menara menjadi ciri khas Masjid Sultan

Bagian dasar masjid terbuat dari botol kaca yang didonasikan umat Muslim di negara ini, semua masyarakat Singapura turut berkontribusi dalam pembangunan tempat ibadah yang megah ini.

Lokasinya berada di 3 Muscar Street, Singapura 198833. Dari Stasiun MRT Bugis, traveler hanya perlu berjalan selama 10 menit. Nanti Anda akan melihat kubah masjid yang menjulang indah.

Berikut 5 berita terpopuler detikTravel selengkapnya:



Simak Video "Singapura Putuskan Lockdown Sebulan, Ini Fakta-fakta Lengkapnya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA