Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Feb 2021 19:50 WIB

TRAVEL NEWS

12 Manfaat Hutan Bakau bagi Manusia, Bukan Cuma untuk Wisata

Tim detikcom
detikTravel
mangrove
Foto: (Ahmad D/d'Traveler)/12 Manfaat Hutan Bakau bagi Manusia, Bukan Cuma untuk Wisata
Jakarta -

Hutan ternyata masih bisa ditemukan saat travelling di Jakarta, tapi jenisnya hutan bakau atau mangrove. Hutan bakau atau mangrove adalah salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan struktur tanah rawa dan/atau padat.

Ada dua hutan bakau atau mangrove di Jakarta yakni Hutan Mangrove Jakarta yang berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara I, Jakarta Utara.

Kedua, Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Lokasinya di Jl Garden House No 4, Kamal Muara, Kecamatan. Penjaringan, Jakarta Utara.

Jenis tanaman bakau yakni dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Tanaman ini merupakan hasil dari kegiatan budidaya atau diambil dari alam.

Ciri-ciri tanaman bakau adalah hidup dengan berkelompok dalam jumlah yang banyak, memiliki akar yang besar dan memiliki buah.


Lalu apa manfaat hutan bakau? Berikut manfaat hutan bakau dilansir situs Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP):

1. Mencegah Erosi Pantai

Hutan bakau menjadi salah satu tempat yang bisa menjaga perbatasan antara kawasan darat dan laut.

Erosi pantai akan terus menggerus permukaan bumi sehingga mengancam lingkungan manusia. Bahkan kondisi serius bisa menjadi bencana alam yang besar.

Hutan bakau menjadi salah satu sarana yang sangat penting untuk menyelamatkan garis pantai dari perairan laut.

2. Menjadi Katalis Tanah dari Air Laut

Tanah bisa masuk ke dalam air laut secara terus menerus, karena bagian tanah tersebut bersentuhan secara langsung dengan air laut.

Untuk mencegah hal ini maka manfaat hutan mangrove secara ekologis menjadi sumber yang sangat jelas untuk melindungi tanah di sekitar laut.

Tanah akan menjadi lapisan yang lebih padat dengan adanya pohon mangrove, sehingga hal ini akan menyelamatkan tanah agar tidak terus tergerus oleh air laut.

3. Habitat Perikanan

Kawasan hutan bakau adalah salah satu tempat yang paling nyaman untuk beberapa jenis makhlukh hidup dan organisme. Beberapa spesies seperti udang, ikan, dan kepiting banyak berkembang biak di kawasan hutan bakau.

Sementara manusia membutuhkan beberapa makhluk hidup tersebut sebagai sumber nutrisi dan bahan makanan yang penting untuk kesehatan.

4. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Pohon mangrove yang banyak ditanam pada hutan mangrove bisa dipanen seperti jenis tumbuhan lain. Manfaat hutang mangrove bagi manusia berguna untuk diolah menjadi berbagai benda hiasan atau kerajinan.

Upaya ini sangat penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan standar ekonomi pada daerah tersebut.

5. Sumber Pakan Ternak

Hutan bakau yakni pada pohon bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti makanan ternak. Pohon mangrove yang telah dihancurkan dan digiling menjadi bubuk pakan ternak yang mengandung nutrisi sangat baik untuk pertumbuhan ternak seperti sapi, kambing, atau unggas.

Nutrisi seperti mineral, protein, dan kalori akan meningkatkan perkembangan ternak. Selain itu pohon mangrove juga mengandung tanin dan bahan alami lainnya.

6. Mencegah Pemanasan Global

Pemanasan global menjadi ancaman serius untuk alam dan manusia. Salah satu cara untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global adalah dengan mengembangkan kawasan hutan bakau.

Tanaman bakau menjadi salah satu penopang pemanasan dari perairan laut. Selain itu mangrove juga berperan untuk mengatasi masalah banjir pada kawasan pesisir.

Manfaat Hutan Bakau bagi Manusia lainnya bisa di klik pada halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA