Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Feb 2021 15:39 WIB

TRAVEL NEWS

Stasiun Gambir Hadirkan Layanan GeNose C19, Ini Persyaratannya

Layanan tes GeNose di Stasiun Gambir, Jakarta.
Pelayanan Tes GeNose C19 di Stasiun Gambir (Rahmat Fathan/detikTravel)
Jakarta -

Kereta Api Indonesia menambah jumlah stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Hadir mulai hari ini di Stasiun Gambir.

Berdasarkan keterangan pers yang diterima detikTravel, Senin (15,2,2021), PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menambah stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19, yaitu di Stasiun Gambir mulai 15 Februari 2021.

Sebelumnya Daop 1 Jakarta telah menyediakan layanan tersebut di Stasiun Pasar Senen dengan biaya sebesar Rp 20.000. Besaran biaya layanan tersebut juga diberlakukan untuk pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Gambir dengan jam operasional setiap harinya mulai pukul 07.00 WIB sampai 19.30 WIB.

Pada hari pertama layanan GeNose berlangsung di Stasiun Gambir, tercatat hingga pukul 13.00 WIB terdapat sekitar 250 calon penumpang yang telah menggunakan layanan tersebut.

Adapun persyaratan untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah terbayar lunas.

Hasil tes dapat dipakai di sejumlah stasiun lain

Hasil tes Genose tersebut dapat digunakan di Stasiun Keberangkatan KAJJ lainnya, sebagai contoh bagi calon penumpang yang melakukan tes Genose C19 di Stasiun Gambir dapat menggunakan berkas hasil tes untuk menggunakan KAJJ dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi atau Stasiun Keberangkatan KAJJ lainnya.

Calon penumpang yang akan melakukan tes Genose C19 juga dianjurkan tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum tes untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

Pada saat proses pengambilan sampel melalui hembusan napas ke dalam kantong udara, calon penumpang diwajibkan tetap menggunakan masker. Adapun proses peniupan kantong udara dilakukan melalui bagian bawah masker dengan posisi sedikit renggangkan. Hal tersebut wajib dilakukan untuk memenuhi penerapan protokol kesehatan.

Selanjutnya: Penumpang yang kedapatan positif COVID-19

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA