Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Sejarah TMII: Warisan Orde Baru dengan Mimpi Sebesar Disneyland

Putu Intan
detikTravel
Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara akan mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan aset milik negara, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
TMII. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terlihat lesu dalam beberapa tahun terakhir sebelum akhirnya diputuskan diakuisisi negara. Padahal TMII dibangun dengan mimpi sebesar Disneyland.

Kabar mengejutkan datang dari salah satu objek wisata andalan masyarakat ibu kota, TMII. Mulai Rabu (7/4/2021), TMII resmi diakuisisi menjadi aset negara. Sebelumnya, hampir 44 tahun TMII dikelola Yayasan Harapan Kita yang merupakan milik keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto.

Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno melalui jumpa pers virtual menegaskan bahwa TMII sejatinya adalah milik negara dan akan dikelola negara. Keputusan diambil berdasarkan pertimbangan BPK.

"Menurut Keppres 51 tahun 1977, TMII itu milik negara, tercatat di Kemensetneg yang pengelolaannya diberikan kepada Yayasan Harapan Kita. Jadi Yayasan Harapan Kita ini sudah hampir 44 tahun mengelola aset milik negara yang tercatat di Kemensetneg," kata Pratikno.

"Jadi atas pertimbangan tersebut, presiden telah menerbitkan Perpres 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg dan ini berarti berhenti pula pengelolaan yang selama ini dilakukan oleh Yayasan Harapan Kita," ujarnya.

TMII nantinya akan dikembangkan menjadi cultural theme park berstandar internasional. Objek wisata seluas 146,7 hektare itu diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih luas untuk masyarakat.

"Berstandar internasional yang diharapkan bisa menjadi jendela Indonesia di mata internasional. Tetapi kami juga berpikiran untuk menggunakan fasilitas yang ada menjadi pusat inovasi para generasi muda di era revolusi industri 4.0 sekarang ini. Nanti jadi sentra untuk mendorong inovasi, kerja sama dari para kreator dan inovator muda Indonesia," kata Pratikno.

TMII dibangun dari ide Tien Soeharto yang terinspirasi Disneyland

Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara akan mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan aset milik negara, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII).Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara akan mengambil alih pengelolaan dan pemanfaatan aset milik negara, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII). (Rengga Sancaya/detikcom)


Tokoh penting di balik pembangunan TMII adalah istri Presiden Soeharto yakni Tien Soeharto. Dikutip dari buku Sejarah Taman Mini Indonesia Indah karya Suradi HP, dkk., Tien Soeharto mulanya berkeinginan untuk membuat miniatur Indonesia dalam bentuk taman.

Keinginan ini tak lantas muncul begitu saja. Dalam buku itu dituliskan bahwa kunjungan Tien Soeharto ke objek wisata Thailand di Muangthai dan Disneyland California, Amerika Serikat telah mendorong tercetusnya gagasan untuk membangun Miniatur Indonesia 'Indonesia Indah'.

Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan pengertian yang lebih baik kepada bangsa lain tentang Indonesia dan memupuk rasa bangga untuk rakyat Indonesia.

Frances Gouda yang menulis buku Dutch Culture Overseas: Praktik Kolonial di Hindia Belanda 1900-1942 menguatkannya. Ia menulis bahwa Tien Soeharto memiliki mimpi bisa membangun taman bermain seperti Disneyland dengan menonjolkan spirit ke-Indonesiaan.

Selanjutnya: Pembangunan TMII diprotes =====>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Main-main ke Museum Penerangan Sambil Menelusuri Sejarah Pers"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA