Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 28 Sep 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Cuma Jakarta, Pesisir Bekasi Juga Terancam Tenggelam!

Desa Pantai Bahagia di Muara Gembong, (18/9/2021)
Panorama biasa di Desa Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi (Randy/detikTravel)
Kabupaten Bekasi -

Isu Jakarta tenggelam mengemuka belakangan ini. Nasib serupa juga mengancam pesisir paling utara Kabupaten Bekasi.

Bermula dari omongan Presiden AS Joe Biden , prediksi Jakarta tenggelam 10 tahun mendatang membetot perhatian banyak pihak. Sebabnya, tanda-tanda ibu kota RI tenggelam semakin nyata.

Di Jakarta, sejumlah kawasan seperti Muara Baru hingga Kali Adem juga kerap jadi sorotan. Permukaan tanah di dua kawasan itu nyata betul.

Rupanya, ancaman tenggelam juga menghantui kawasan pesisir Bekasi di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi. Jarak pesisir Bekasi dengan Utara Jakarta cukup dekat.

Apabila menggunakan perahu, traveler bisa menjangkau Tanjung Priok dari Muara Gembong hanya dalam tempo satu jam.

Untuk mencari lebih tahu soal itu, tim detikTravel pun menyusuri Desa Pantai Bahagia di Muara Gembong yang ditengarai menghadapi isu abrasi dan kerap terendam air. Hal itu juga ikut diaminkan oleh warga setempat yang kami temui.

"Yang kita rasain enggak nyaman, enggak enak tahun 2000-an ke mari. Dulu enggak pernah air laut sampai ke darat, ke rumah kita," kata salah satu sesepuh dan warga setempat Desa Pantai Bahagia, Ali.

Ali bercerita kalau bapak dan ibunya berasal dari kawasan Jakarta Utara dan berpindah ke Muara Gembong. Adapun Ali memang besar dan lahir di kawasan tersebut, hingga menjadi saksi hidup dari kawasan pesisir Bekasi tersebut.

Ia menyebut kalau banjir yang kerap diakibatkan oleh ROB itu kian parah akibat abrasi. Hal itu diperburuk dengan hilangnya kawasan mangrove akibat ulah manusia.

"Apa sebabnya? Abrasi. Terutama tadi kan hutan lindung karena banyak orang perantau bikin empang. Kalau orang bikin empang kan pasti dibabat hutannya," ujar Ali dari sudut pandangnya.

Selanjutnya: Fakta di lapangan

Simak video 'Kawasan Muara Baru Jakut Diprediksi Tenggelam pada 2050':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA