Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Nov 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Foto Sungai di India Berair Bening, Ini Faktanya

Syanti Mustika
detikTravel
Sungai Umngot di india
Sungai Umngot di India (iStock)
Jakarta -

Menteri India membagikan foto yang menjadi ramai dibicarakan netizen. Katanya ini adalah salah satu sungai di India yang masuk deretan sungai terjernih di dunia.

Polusi yang pekat dan memiliki sungai paling tercemar di dunia begitu melekat dengan India. Namun, ada sisi lain sungai India yang berbanding terbalik dengan citra India yang tercemar dan kotor.

Kementerian Jal Shakti, salah satu kementerian di India yang terbentuk dari gabungan Kementerian Sumber Daya Air, Pengembangan Sungai & Peremajaan Gangga, dan Kementerian Air Minum dan Sanitasi di India, lewat Twitternya membagikan sebuah foto yang bikin takjub. Dalam keterangan foto, dia menyebutkan bahwa ini adalah sungai di India dengan air yang jernih dan transparan.

"Sungai Umngot, 100 km dari Shillong, di negara bagian Meghalaya. Seolah-olah perahu itu mengambang di udara. Airnya sangat bersih dan transparan. Semoga semua sungai kami bersih. Bangga untuk orang-orang Meghalaya," cuitnya di akun Twitternya @MoJSDoWRRDGR pada tanggal 16 November 2021.



Dari foto yang dibagikan, terlihat sebuah sampan sedang melaju di permukaan air yang jernih. Terdapat lima orang yang berada di sampan, dengan satu orang menjadi pengayuhnya.

Adapun yang membuat takjub adalah kita bisa melihat dengan jelas dasar dan bebatuan sungai yang dilewati sampan, mungkin tidak ada yang mengira jika sampan ini melaju di salah satu sungai di India.

Sungai Umngot di indiaSungai Umngot di india Foto: (iStock)

Dirangkum detikcom, Sungai Umngot juga mempunyai nama lain, yaitu Sungai Dawki. Sungai ini berada di Desa Shnongpdeng, sekitar 100 kilometer dari Shillong. Sungai ini cuma berjarak 2 kilometer dari perbatasan Bangladesh.

Dulunya, sungai ini berfungsi sebagai jalur penghubung perdagangan bagi dua negara India dan Bangladesh. Namun, sekarang ramai yang melirik sebagai destinasi wisata.

Sungai ini juga menjadi pembatas antara Jaintia dan Bukit Khasi. Ternyata Sungai Dawki telah mendapat nama di dunia internasional sejak bertahun silam dan menjadi alasan bagi wisatawan untuk datang.

Salah satu atraksi menarik di sana adalah jembatan gantung yang menyajikan pemandangan indah. Wisatawan juga bisa menikmati sungai dengan naik perahu, kano, kayak atau mencoba loncat tebing.



Simak Video "Heboh Pelajar Hindu-Muslim India Usai Viral Larangan Hijab di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA