Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Feb 2022 10:53 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Mistis Gunung Lawu, Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Tim detikcom
detikTravel
Alas Ketonggo Ngawi seolah tak bisa dipisahkan dengan Gunung Lawu. Bahkan, hutan itu dipercaya sebagai gerbang alam gaib Gunung Lawu.
Foto: Sugeng Harianto/detikcom
Jakarta -

Presenter Hesti Purwadinata alami kejadian mistis di Gunung Lawu. Ternyata, banyak juga pendaki yang mengalami hal serupa.

Hesti Purwadinata dan suaminya, Edo Borne, baru-baru ini mendaki Gunung Lawu bersama teman-temannya. Hesti Purwadinata mengaku sempat mengalami kejadian mistis di sana.

"Kita tuh sadar nggak boleh camp di pos 4, udah diwanti-wanti banget tuh, tapi gimana temen dua orang ada yang sakit, terus cuacanya badai," ujar Hesti Purwadinata mengawali di YouTube channelnya seperti dikutip detikTravel, Selasa (22/2/2022).

Saat malam menjelang, Hesti Purwadinata mengaku mendengar suara gamelan, disusul dengan suara musik dangdut seperti sedang hajatan.

"Terus kita akhirnya ngeluarin SB (sleeping bag) tiba-tiba gue denger suara gamelan, tapi gue diem tuh pas di atas, pas denger dangdut gue nyeplos, ternyata yang lain juga denger tuh. Tapi masa kita di ketinggian 2800an, malem-malem kedengeran kalau ada dangdutan di bawah," Hesti menambahkan.

Selain Hesti, sang suami Edo Borne juga mengalami pengalaman mistis yang tak kalah seram. Usai buang air kecil pukul 02.00 WIB itu, suami Hesti Purwadinata didatangi beberapa sosok yang tampak marah.

"Gue abis kencing itu gue kancingin lagi sleeping bag, tiba-tiba engap gue deg-degan, abis itu gue tutup sleeping bag ke muka, begitu gue tutup ada muka cewek tuh serem ngeliatin gue, gue dalam hati bilang minta maaf gue nggak ganggu deh, ilang tuh," kata Edo Borne bercerita saat sudah sampai Jakarta.

Fenomena mistis tentu bukan barang baru di kalangan pendaki yang telah menjajal Gunung Lawu. Dihimpun detikTravel, ada banyak kisah soal itu di sana.

Kisah mistis lainnya yang dikenal di Gunung Lawu, yaitu Pasar Setan. Tak terlihat secara kasat mata, namun suara keramaian layaknya di pasar sering didengar oleh para pendaki. Lokasinya berada di dekat Hargo Dalem, salah satu puncak Gunung Lawu.

Menurut d'Traveler bernama Ananda Oktaviani, umumnya pendaki kerap menjumpai pengalaman mistis itu kala sedang kelelahan seperti Hesti dan suaminya.

"Jika kamu sudah merasa kelelahan dan tersesat pada malam hari, maka kamu akan melihat pasar setan ini. Pasar ini ramai dan berjualan berbagai macam kebutuhan," tulisnya.

Ada lagi mitos, bahwa jika kalian melakukan pendakian ke Gunung Lawu maka kalian tidak boleh berjumlah ganjil. Mitos yang terakhir adalah jangan mendaki dengan menggunakan baju hijau

Hal ini terkait Ratu Kidul si penguasa Pantai Selatan yang konon menyukai warna hijau. Sehingga, pendaki yang mengenakan baju hijau mungkin akan diculik olehnya.

Hii! Seram juga ya traveler. Mungkin ada baiknya para pendaki selalu memanjatkan doa sebelum memulai pendakian, minimal untuk menghindari hal-hal seperti di atas.

Selain tentang kisah mistis Gunung Lawu, berita terpopuler lainnya adalah tentang kapal pesiar terbesar di dunia. Kapal Wonder of The Seas dari Royal Caribbean itu mulai beroperasi pada 4 Maret 2022.

Berikut 10 berita terpopuler detikTravel, Rabu (23/2/2022):



Simak Video "Senangnya Turis Australia Kunjungi Indonesia dengan Kapal Pesiar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA