Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Mar 2022 12:31 WIB

TRAVEL NEWS

Penampakan Titik Nol IKN Nusantara, Pembangunan Segera Dimulai

Titik Nol IKN dari udara saat prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi di Ibukota Negara baru.
Foto: YouTube/Sekretariat Presiden
Penajam Paser Utara -

Pemerintah akan membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pembangunan itu dimulai dari Titik Nol IKN Nusantara. Begini penampakannya.

Kita bisa melihat Titik Nol IKN Nusantara saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Titik Nol IKN masih dipenuhi hutan yang cukup lebat di sisi-sisinya.

Di Titik Nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu lah, Presiden Jokowi hari ini menyatukan tanah dan air dari 34 Provinsi beserta para gubernur se-Indonesia.

"Kita tahu baru saja tadi, tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi ibu kota Nusantara dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebinekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita dalam rangka membangun ibu kota Nusantara ini," kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022).

Pasca prosesi tersebut, dia menegaskan pembangunan IKN akan segera dimulai.

Titik Nol IKN dari udara saat prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi di Ibukota Negara baru.Titik Nol IKN dari udara saat prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 Provinsi di Ibukota Negara baru. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

"Pada hari ini, Senin 14 Maret tahun 2022 kita hadir bersama-sama di sini dalam rangka sebuah cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita segera mulai, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi.

"Kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri, swasta dan seluruh masyarakat dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Negara ini akan sangat membantu agar apa yang kita cita-citakan ini bisa segera terwujud," lanjut Jokowi.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada lembaga-lembaga tinggi negara, MPR RI, DPR RI, DPD RI, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Komisi Yudisial dan seluruh komponen masyarakat dalam mendukung dimulainya pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Prosesi penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di IKN.Prosesi penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di Titik Nol IKN. Foto: YouTube/Sekretariat Presiden

"Kita berdoa semoga hidayah dan barokah dari Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran kita dalam membangun Ibu Kota Nusantara ini," jelas Jokowi.

Proses penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi ini turut disaksikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Terlihat Jokowi didampingi Iriana. Jokowi tampak menggunakan kemeja putih dan celana warna hitam. Setibanya di titik nol IKN, Jokowi langsung disambut Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin.

Sementara jajaran menteri yang mendampingi Jokowi antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Seskab Pramono Anung, Kepala IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Dhony Rahajoe.

Simak Video 'Anies Pertama-Gub Bengkulu Bawa Tanah & Air dari Rumah Pengasingan Bung Karno ke IKN':

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA