Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 15 Jun 2022 12:07 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alasan Kenapa Check In Hotel Jam 14.00, Check Out Jam 12.00

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Petugas kebersihan hotel sedang membersihkan kamar hotel.
Kenapa check in lebih lama? Foto: Getty Images/Hispanolistic
Jakarta -

Ketika memesan hotel, travelers akan diberitahu mengenai waktu check in dan check out. Umumnya waktu check in adalah pukul 14.00 dan waktu check out pada pukul 12 siang.

Waktu check in dan check out ini secara umum berlaku universal di Indonesia dan di luar negeri. Meskipun tidak selalu pada jam yang sama, tapi hotel tetap memiliki ketentuan spesifik mengenai kedua waktu tersebut.

Ternyata waktu check-in dan check-out ditentukan bukan tanpa alasan. Namun, hal ini didasarkan pada waktu kedatangan tamu.

Umumnya tamu datang di siang hari dan keluar dari hotel menjelang siang. Hal inilah yang mendorong penentuan waktu check-in.

"Kayanya itu lebih ke arah waktu. Kita melihat dari sisi traffic kedatangan tamu. Itu kayaknya standar hotel-hotel juga. Ada yang jam 2 atau jam 3. Kurang lebih kita melihat dari sisi waktu harian yang banyak tamu check in. Mewakili tamu check in maupun check out," ungkap Director of Marketing dari Adiwana Hotels & Resorts Andry Kurniawan.

Alasan yang sama juga diutarakan oleh Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences Doddy Fathurahman.

"Hampir seluruh hotel men-set check in time-nya jam 2 dan check out-nya jam 12. Ini diperhitungkan dari kebiasaan orang datang check in," kata Doddy.

Meski begitu waktu check-in dan check-out ini dapat sedikit bervariasi. Tergantung dari pertimbangan pihak hotel. Salah satunya adalah pertimbangan mengenai lama waktu yang dibutuhkan housekeeping untuk membersihkan kamar.

Seperti yang terjadi di The Trans Luxury Hotel. Mereka menetapkan waktu check in pada pukul 15.00. Pihak hotel membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan kamar. Karena mereka memiliki area kamar yang lebih luas.

"Untuk di The Trans Luxury Hotel sendiri, kita check in time-nya di jam 15.00. Lebih sore. Karena memang kamar kita lebih luas terus banyak yang harus dilakukan ketika make-up room. Apalagi dengan kondisi COVID ini, pembersihannya juga jadi berlapis-lapis. Jadi, selain diganti linen terus dibersihkan, kita ada fog disinfectant, kita ada juga UV light disinfectant. Makanya lebih lama check in time kita itu di jam 3 sore," ujar Director of Marketing & Communication dari The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana.

Untuk waktu check out, the Trans Luxury Hotel menetapkan waktu yang sama yakni pada jam 12 siang.

Terdapat perbedaan waktu 2 sampai 3 jam dari waktu check out ke check in. Rentang waktu ini adalah waktu yang digunakan pihak hotel untuk membersihkan kamar yang telah dipakai.

Itulah mengapa tamu diharuskan check out pada jam 12 siang. Agar pihak hotel memiliki waktu yang cukup untuk membersihkan kamar-kamar yang telah digunakan. Serta agar kamar tersebut siap dihuni kembali oleh tamu yang baru tepat pada waktunya.

Namun, pada situasi tertentu pihak hotel bisa saja memperbolehkan tamunya untuk check in sebelum jam yang ditentukan. Terutama jika kamar yang dipesan memang kosong dan sudah dalam keadaan siap huni.

Akan tetapi, kondisi seperti ini biasanya hanya berlaku untuk check in. Untuk check out, hotel menerapkannya dengan lebih tegas. Karena akan mempengaruhi kesiapan kamar dan berdampak pada tamu berikutnya.

"Ketika tamu datang jam 12, kamarnya tersedia, kita akan dengan senang hati memberikan kamar, biasanya. Namun, untuk check out memang sedikit strict di jam 12.00. Karena tadi kita sudah tercatat janji dengan tamu akan memberikan kamar di jam 2 siang. Dari jam 12 menuju jam 2 kan ada 2 jam. Nah kita butuh waktu itu untuk membersihkan kamar," tambah Doddy.



Simak Video "Bermalam di Hotel Joglo Kecombrang dengan Nuansa yang Asri"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA