Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Minggu, 07 Agu 2022 12:45 WIB

TRAVEL NEWS

Kamus Bahasa Sunda Dasar Untuk Traveler, Catat Nih!

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat. (Foto: Pradikta Kusuma/d'Traveler)
Jakarta -

Jika traveler berencana untuk berkunjung ke Tanah Sunda, traveler bisa pelajari 15 kata bahasa Sunda ini supaya travelingnya makin lancar!

Ketika menyusun rencana untuk berwisata ke suatu daerah baru, ada baiknya jika traveler mencoba mempelajari beberapa kata dari bahasa daerahnya terlebih dahulu. Selain menambah wawasan, mempelajari bahasa dari daerah yang akan dikunjungi juga bisa mempermudah saat traveling lho!

Biasanya para pelaku pariwisata mulai dari tour guide, supir angkutan, hingga para pedagang akan lebih ramah jika wisatawan terlihat telah berusaha untuk mempelajari bahasa mereka. Sebagian bahkan tak akan segan untuk mengajari wisatawan mempelajari lebih banyak kata.

Kadang ada cerita-cerita kebaikan yang didapatkan wisatawan karena mereka menyapa para pedagang atau orang di sekitarnya dengan menggunakan bahasa daerahnya. Nah, detikTravel telah mengumpulkan beberapa kata yang bisa traveler gunakan saat berkunjung ke wilayah berbahasa Sunda.

Berikut adalah 15 kosakata bahasa Sunda untuk traveler:

1. Wilujeng

Wilujeng berarti selamat. Sama seperti dalam bahasa Indonesia, kata ini bisa disematkan di depan kata sapaan seperti selamat pagi, selamat siang, hingga selamat datang. Ini beberapa kata sapaan yang menggunakan wilujeng:

  • Wilujeng Enjing: selamat pagi
  • Wilujeng Siang: selamat siang
  • Wilujeng Sonten: selamat sore
  • Wilujeng Wengi: selamat malam
  • Wilujeng Sumping: selamat datang

2. Punten

Punten berarti permisi atau maaf. Salah satu contoh penggunaan yang paling umum adalah ketika seseorang melintasi jalan yang dipenuhi oleh orang atau kerumunan. Traveler bisa mengucapkan kata ini untuk izin melintas.

Punten
(Permisi)

Punten, bade tumaros
(Permisi atau maaf, mau numpang tanya)

Jika ada orang yang berjalan melewati traveler dan ia mengucapkan kata punten, traveler bisa menjawabnya dengan kata 'mangga' yang berarti silahkan.

3. Hatur nuhun

Kata hatur nuhun mungkin sudah cukup sering didengar. Hatur nuhun artinya terima kasih.

4. Sawangsulna

Nah, yang ini mungkin tidak terlalu umum didengar. Sawangsulna merupakan jawaban dari hatur nuhun, yang berarti terima kasih kembali. Selain sawangsulna, traveler juga bisa menggunakan kata yang lebih sederhana yaitu sami-sami, yang berarti sama-sama.

5. Kumaha damang

Kumaha damang artinya apa kabar. Namun, jika kata 'kumaha' saja, dapat diartikan sebagai bagaimana.

Kemudian, jika traveler ditanyai kabar menggunakan bahasa Sunda, traveler dapat menjawab dengan 'Pangestu' yang artinya baik. Bisa juga 'Alhamdulillah sae' yang berarti Alhamdulillah baik.

6. Muhun

Muhun artinya iya. Jadi jika traveler ditanya dan ingin menjawab iya, bisa gunakan kata 'muhun'. Meskipun jika pertanyaan itu menggunakan bahasa Indonesia, traveler bisa mencoba menjawab dengan kata ini sebagai awalan. Misalnya:

Teteh dari Jakarta?
Muhun, saya dari Jakarta

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Seru-seruan Bermain Bola di Pulau Kecil yang Indah, Kalimantan Timur"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA