Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Agu 2022 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Paspor WNI Tanpa Kolom Tanda Tangan Bisa Urus Visa Schengen, asal...

Femi Diah
detikTravel
Ilustrasi Paspor Indonesia
Ilustrasi paspor Indonesia (iStock)
Jakarta -

Sempat ditolak, paspor WNI tanpa kolom tanda tangan kini bisa mengurus visa Schengen ke Kedutaan Jerman. Kini, kolom tanda tangan tambahan dianggap memenuhi syarat.

Bermula dari cuitan pemilik akun Twitter @gasgandenglah pada Kamis (11/8/2022). Di akun itu dikeluhkan para WNI yang hendak terbang ke Jerman dan tengah mengurus visa Schengen ditolak oleh Kedutaan Besar Jerman. Penyebabnya, tidak ada kolom tanda tangan dalam paspor para WNI itu.

Dia menyebut paspor miliknya dianggap tidak sesuai dengan aturan internasional. Dalam cuitannya itu dia menautkan kepada akun Direktorat Jenderal Imigrasi, yang berada di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

"Hallo, @ditjen_imigrasi, saya mau tanya dong, kenapa bisa ya imigrasi ngeluarin paspor yang tidak bisa valid di Kedutaan Jerman? Mereka bilang kalau paspor Indonesia tidak sesuai aturan internasional. Kami ditolak dengan alasan tidak ada kolom tanda tangan di bagian lembar terakhir," cuit warganet itu.

Dalam prosesnya, Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri berkomunikasi dengan perwakilan Jerman. Kini, WNI dengan paspor tanpa kolom tanda tangan bisa memproses visa, asalkan ada tambahan tanda tangan di kolom "Endorsements".

Lewat situs Kedubes Jerman pada Rabu (17/8) disebutkan Kedubes Jerman bakal memproses pengajuan visa Schengen oleh paspor WNI yang tersendat gegara kolom tanda tangan. Kini, kolom tanda tangan tambahan dianggap memenuhi syarat.

Paspor WNI tanpa menggunakan kolom tanda tangan sempat tidak bisa mengajukan visa Schengen. Jerman juga menolak tambahan tanda tangan di kolom "Endorsements". Sebab, tambahan tanda tangan di paspor itu tidak bisa diakui sebagai pengganti kolom tanda tangan di paspor Indonesia.

Kini, Rabu (18/8/2022), dalam websitenya mengumumkan Kedutaan Besar Jerman akan memproses pengajuan visa kendati paspor WNI menggunakan tanda tangan tambahan.

Berikut pengumumannya:

Paspor dengan (penambahan) tanda tangan yang disahkan oleh otoritas imigrasi pemerintah Indonesia dapat diproses

Instansi pemerintah Jerman dan Indonesia yang berwenang dalam kerangka kerja sama memutuskan bahwa:

Berlaku segera, paspor Indonesia tanpa kolom tanda tangan standar dengan (penambahan) tanda tangan dengan pengesahan oleh otoritas imigrasi Indonesia dapat diproses untuk permohonan visa.

Pemegang paspor yang terkait yang sedang menjalani proses visa dimohon untuk secepatnya melakukan pengesahan tanda tangan Anda di halaman 4 (atau 5) (yang disebut sebagai halaman Endorsement) ke otoritas imigrasi Indonesia.

Kementerian Dalam Negeri Federal Jerman (BMI) telah memberitahukan Kepolisian Jerman dalam kaitan pemeriksaan perbatasan bahwa warga negara Indonesia dengan paspor tanpa kolom tanda tangan yang telah mempunyai visa untuk masa tinggal sementara dapat melakukan perjalanan ke Jerman. Namun demikian, sangat disarankan bagi pemegang paspor yang terdampak untuk segera menambahkan tanda tangan yang disahkan oleh otoritas imigrasi Indonesia (di luar negeri, pengesahan dapat dilakukan di kantor perwakilan luar negeri Indonesia).

Kedutaan Jerman dan dinas layanan luar VFS Global akan mengabari para pemohon visa dari negara Indonesia yang sedang menjalani proses pengajuan visa mengenai proses selanjutnya.

Dalam surat bernomor D/01409/08/2022, Kemlu RI menjelaskan bahwa pemerintah memiliki seri blangko paspor yang tak memuat kolom tanda tangan pemegang paspor. Seri blangko tersebut diproduksi pada periode 2019 hingga 2020.

Rinciannya, paspor non elektronik dengan nomor seri C7093059, C7592558, C7592559, C9999999 dan E0000001, E0351539. Sementara itu, untuk paspor elektronik polikarbonat dengan nomor seri:X1369301, XI633800.

Nah, mulai 2021, Indonesia kembali menggunakan seri blangko paspor yang memuat kolom tanda tangan pemegang paspor.



Simak Video "Traveler! Biaya Pembuatan Visa Schengen Naik Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA