Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 29 Agu 2022 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Gandeng Platform Pendidikan, Indonesia Promosikan Destinasi Lewat Edukasi

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Konten Mahakarya dari Zenius, promosikan destinasi dengan balutan edukasi.
Konten Mahakarya dari Zenius. Foto: Tangkapan Layar Youtube Zenius
Jakarta -

Wonderful Indonesia ajak banyak brand untuk jadi mitra. Salah satunya yaitu brand ternama di bidang pendidikan. Begini cara mereka bantu promosikan Indonesia.

Wonderful Indonesia merupakan brand atau merek yang mewakili pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Brand ini dimiliki secara resmi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebagai brand yang digunakan untuk mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, Wonderful Indonesia mengajak banyak brand untuk menjadi mitra. Kerja sama dengan berbagai brand sebagai mitra ini telah dilakukan sejak 2017 lalu.

Tahun ini, Wonderful Indonesia menggandeng 74 brand sebagai mitra. Brand-brand yang diajak kerja sama tak hanya berasal dari sektor pariwisata. Namun brand non pariwisata juga ikut terlibat dalam kemitraan yang disebut dengan Co-Branding ini.

"Tahun ini kita memiliki 74 mitra. Ketika 2021 kami memiliki 54, sekarang sudah bertambah lagi dan kami harapkan bahwa kerja sama co-branding dengan para mitra sesuai dengan arahan pak Menteri yaitu kita bisa berkolabor-aksi dengan berbagai mitra, bisa memperkuat brand equity Wonderful Indonesia," ujar Direktur Komunikasi dan Pemasaran Kemenparekraf Martini Mohamad Paham.

Salah satu brand di luar sektor pariwisata yang menjadi mitra adalah Zenius. Platform penyedia layanan pendidikan ini ikut berkolaborasi dalam upaya promosi destinasi Indonesia melalui beberapa program.

Program pertama yaitu memperkenalkan brand Wonderful Indonesia melalui penyematan logo dalam berbagai produk dan kegiatan yang dimiliki Zenius.

"Pertama jelas di situ kita melakukan proses co-branding, artinya dari berbagai macam inisiatif yang sudah Zenius lakukan kita melalui kerja sama ini diperkenankan untuk menggunakan logo atau brand Wonderful Indonesia dalam setiap kampanye aktivasi yang dimiliki Zenius," kata AVP Government Relations Zenius Mohamad Nurreza Rachman.

Kemudian Zenius juga berencana untuk mengadakan berbagai program yang berorientasi pada pariwisata. Salah satunya yaitu melalui pembuatan konten mengenai destinasi yang berbalut edukasi.

"Yang kedua, selain menggunakan, kita juga sama-sama mengamplifikasi kegiatan-kegiatan yang berorientasi pariwisata, baik itu secara pemasarannya, lalu networkingnya, itu yang akan kita kerjasamakan ke depan," kata Mohamad Nurreza.

Zenius telah bekerja sama secara resmi dengan Wonderful Indonesia sejak beberapa bulan lalu. Sejak saat itu, Zenius telah mengeluarkan dua program berbasis video yang membahas mengenai destinasi serta kuliner Indonesia. Kedua program atau konten ini bernama Mahakarya dan Kisah Rasa.

Dalam konten Mahakarya, Zenius menghadirkan video seri dokumenter yang membahas destinasi-destinasi Indonesia. Namun, sebagai platform pendidikan, Zenius membahasnya dari sisi yang berbeda.

"Jadi di video Mahakarya itu adalah suatu documentary series video yang mengangkat berbagai macam destinasi wisata di Indonesia. Namun kita mengangkat lebih banyak dari sisi edukasi atau pengetahuannya," kata Mohamad Nurreza.

Konten Mahakarya dari Zenius, promosikan destinasi dengan balutan edukasi.Konten Mahakarya dari Zenius, promosikan destinasi dengan balutan edukasi. Foto: Tangkapan Layar Youtube Zenius

Melalui konten Mahakarya ini, diharapkan masyarakat terutama para pengguna Zenius tak hanya sekadar mengetahui mengenai sebuah destinasi. Namun bisa mendapatkan pengetahuan lebih mengenai destinasi tersebut. Salah satu destinasi yang sudah mereka bahas adalah Borobudur.

"Sebagai contohnya, yang kemarin kita rilis di episode pertama, kita mengangkat episode tentang Borobudur. Di mana mungkin selama ini orang tau Borobudur itu dikatakan sebagai tempat wisata, tempat beribadah. Tapi enggak banyak orang tahu bahwa bangunan Borobudur itu juga memiliki filosofi, digunakan oleh para petani untuk menghitung kalender, kapan musim hujan dan tidaknya. Dan itu memang ada filosofi astronominya di situ," ujar Mohamad Nurreza.

Sementara itu dalam konten Kisah Rasa, Zenius membahas mengenai kuliner-kuliner yang ada di Indonesia. Sama seperti pada Mahakarya, dalam konten ini Zenius juga mengemasnya dalam bentuk seri dokumenter edukasi.

"Kalau Kisah Rasa itu fokusnya ke kuliner-kuliner. Di mana mungkin kuliner bukan sekadar yang viral saja. Tapi kita juga pengen menceritakan sejarahnya, bagaimana suatu budaya itu sangat berkaitan dengan kuliner yang ada di daerahnya masing-masing," kata Mohamad Nurreza.

Video-video edukasi yang juga mempromosikan destinasi dan kuliner Indonesia ini dapat ditemukan di Youtube serta platform Zenius. Mohamad Nurreza menerangkan bahwa ke depannya konten-konten ini akan terus diproduksi.

"Kita akan terus melanjutkan memproduksi berbagai macam video Mahakarya dan Kisah Rasa. Dengan berbagai macam titik destinasi pariwisata dan juga kuliner-kuliner yang ada di Indonesia," ujarnya.

Zenius berharap melalui Co-Branding Wonderful Indonesia bersama mitra dari berbagai brand ini dapat membantu memulihkan sektor pariwisata. Kemudian Zenius juga berharap program-program yang mereka buat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa edukasi bisa didapatkan dari mana saja.

"Tentu saja kita berharap setelah pandemi ini, kita bisa bounce back lagi, artinya pariwisata bisa kembali menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan. Dan kita juga di sini melalui Zenius kita berharap kita juga bisa berkontribusi untuk memberikan awareness kepada masyarakat luas, khususnya di ekosistem pendidikan yang kita kelola. Untuk tidak hanya berwisata secara leisure saja, tapi juga bisa mendapatkan ilmu dari setiap pengalaman berwisata yang dilakukannya," kata Mohamad Nurreza.



Simak Video "Kemenparekraf Hadirkan 'Music Matters From Wonderful Indonesia'"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA