Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Selasa, 20 Sep 2022 14:05 WIB

TRAVEL NEWS

Warlok yang Terdampak Canggu Berisik Dapat Kompensasi?

Ramai Petisi Soal Canggu, Ini 7 Beach Club yang Terkenal di Sana
Salah satu beach club yang terkenal di Canggu (Foto: Instagram)
Jakarta -

Kawasan Canggu yang berisik sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Kini setelah teratasi, muncul pertanyaan apakah terdampak akan mendapat kompensasi atau tidak.

Jadi, Kemenparekraf melalui dinas pariwisata setempat meminta agar aturan ditegakkan. Munculnya polusi suara (noise) yang mengganggu masyarakat harus dicarikan solusinya.

"Untuk kompensasi bagi masyarakat yang terganggu dengan kebisingan harus dibayar para pengelola bar yang melanggar atau tidak, ini akan dipertimbangkan," jawab Menparekraf Sandiaga Uno dalam temu wartawan mingguan di kantornya, Senin (19/9/2022).

Ia lalu menyebut bahwa keberadaan bar, night club, beach club jangan sampai menimbulkan polusi suara atau noise sehingga tidak mengganggu ketentraman hidup masyarakat setempat. Untuk ini edukasi terhadap wisatawan gencar dilakukan.

"Dengan demikian sebagai solusinya adalah para pengusaha harus mematuhi aturan/kesepakatan bersama yang berlaku. Begitu pula instansi terkait harus dapat menegakkan aturan tersebut," kata dia.

"Dan wisatawan harus memahami arti melakukan kegiatan pariwisata berkualitas, yakni menciptakan kesejahteraan dan kebahagiaan dengan menjunjung tinggi norma-norma dan adat istiadat yang berlaku di masyarakat," imbuh dia.

Seusai berembug menyelesaikan Canggu, Badung, Bali berisik, pihaknya berharap adanya konsistensi masyarakat dan pengusaha dan aparat, konsisten melakukan pengawasan secara bersama-sama agar jangan melampaui batas-batas yang disepakati. Ini semua agar Canggu berjalan ke arah yang lebih baik.

"Adanya investasi dan tumbuh kembangnya usaha industri pariwisata di daerah Canggu tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat desa. Dampak dari perkembangan tersebut telah dinikmati oleh masyarakat Desa Canggu dengan bekerja di sektor pariwisata seperti bar dan restoran," kata dia.

"Terkait pengelola usaha pariwisata yang melanggar tentu kami bersama dengan tim akan memberikan sanksi tegas sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Kompensasi yang diharapkan oleh masyarakat akibat kebisingan tersebut adalah pemerintah daerah harus tegas dalam penegakan aturan sehingga masyarakat dan wisatawan akan merasa aman dan nyaman berasa di wilayah Desa Canggu," urai dia.



Simak Video "Viral Bule Rampas Mobil Warga Bali Lalu Ugal-ugalan di Jalan"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA