Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jun 2022 17:13 WIB

TRAVEL-TIPS

Bolehkah Pesan Makanan dari Ojol saat Menginap di Hotel?

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Four Star By Trans Hotel Renon merupakan hotel bintang 4 yang terletak di Jalan Raya Puputan no. 200, Renon, Denpasar, Bali. Grandyos Zafna/detikcom
Ilustrasi makanan di hotel (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Hotel biasanya menyediakan restoran dan layanan pemesanan makanan untuk para tamu. Di beberapa hotel, pilihan menu di restoran biasanya cukup lengkap. Mulai dari makanan pembuka hingga penutup.

Dulu, layanan pemesanan makanan dari restoran hotel untuk diantar ke kamar menjadi pilihan andalan para tamu. Tetapi, kini layanan tersebut mulai tersaingi. Banyaknya layanan pesan antar makanan lewat ojek online membuat tamu memiliki lebih banyak pilihan.

Tapi, hal ini juga menimbulkan pertanyaan. Sebenarnya bolehkah memesan makanan dari luar saat menginap di hotel?

"Boleh aja. Kita tidak melarang untuk tamu bisa membawa makanan. Dia beli atau pesan dari luar itu nggak masalah," tutur Director of Marketing dari Adiwana Hotels & Resorts Andry Kurniawan.

Hal serupa juga dikatakan oleh Director of Marketing & Communication dari The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana.

"Untuk membeli makan dari luar, sebetulnya itu sih nggak ada restriction ya. Maksudnya ya bisa-bisa aja. Tapi kita juga menyediakan 24 jam in room dining kalau tamunya mau makan di dalam kamar," ungkapnya.

Pada umumnya, tamu diperbolehkan memesan makanan dari luar. Tidak ada larangan mengenai hal tersebut. Serta tidak ada kewajiban bagi tamu untuk memesan makanan langsung dari hotel.

Hal ini tergantung pada kenyamanan dan preferensi masing-masing tamu. Jika ingin makan dengan praktis. Diantar langsung ke kamar, maka dapat memilih layanan in room dining dari hotel. Namun, jika mencari menu lain yang tidak tersedia di hotel. Maka dapat menggunakan jasa pesan antar online.

Nah, untuk penggunaan jasa pesan antar online ke hotel, ada yang perlu travelers perhatikan. Hotel biasanya memiliki ketentuan batas antar. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi hal ini pada pihak hotel.

Seperti ketentuan yang berlaku di jaringan Archipelago International Hotels, Resorts & Residences. Kurir atau pengirim hanya bisa mengantar sampai resepsionis. Tamu harus mengambil sendiri makanannya.

"Kalau di hotel kami itu dibolehkan. Sebenarnya juga tidak ada larangan untuk membawa makanan sendiri. Tidak ada larangan eksplisit tamu dilarang membawa makanan sendiri. Jadi, boleh. Sekarang kan lagi musim kan Grab, GoFood gitu. Kita tidak melarang, tapi kedatangan abang gofoodnya hanya sampai resepsionis. Jadi tidak diantarkan ke kamar gitu. Itu demi keamanan," ujar Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences Doddy Fathurahman.



Simak Video "Marriott Hotel Umumkan Bakal Hengkang dari Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA