Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jun 2022 13:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Ada Aneka Snack di Kamar Hotel, Mana yang Gratis?

Yasmin Nurfadila
detikTravel
ilustrasi kamar hotel
Ilustrasi kamar hotel (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta -

Ketika menginap di hotel biasanya tersedia makanan ringan atau minuman di dalam kulkas. Terkadang ini menjadi hal yang membingungkan. Karena kita tidak tahu manakah makanan yang disediakan secara gratis dan mana yang harus dibayar.

Secara umum makanan dan minuman yang diletakkan di dalam kulkas biasanya merupakan makanan berbayar. Sedangkan makanan atau minuman yang diletakkan di luar kulkas umumnya merupakan complimentary alias gratis.

Seperti diungkapkan oleh Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences Doddy Fathurahman.

"Kembali lagi aturan mini bar ini sebenarnya secara umum semua hotel di Indonesia atau di luar juga hampir sama. Jadi, ketika minuman atau makanannya ada di refrigerator itu adalah berbayar. Ketika itu gratis, biasanya ada tulisan. Tulisannya 'complimentary', gitu. Atau set-upnya di luar (refrigerator) itu gratis biasanya atau termasuk dengan harga kamar. Dan ini hampir terjadi di semua hotel, seperti itu," ungkap Doddy.

Hal serupa juga dikemukakan oleh Director of Marketing dari Adiwana Hotels & Resorts Andry Kurniawan.

"Kalau di kami untuk mini barnya kita ada charge-nya. Kita jual. Untuk tamu nikmati memang harus bayar. Kalo mineral water itu kita kasih compliment," kata Andry.

Jadi bagi travelers yang kebingungan. Ternyata untuk snack atau minuman kemasan yang disediakan di kamar hotel umumnya berbayar. Kecuali jika terdapat tulisan yang menyatakan bahwa makanan ini complimentary atau gratis.

Namun, jika ingin memastikan. Travelers sebaiknya menanyakan pada saat check in, apakah disediakan makanan dan minuman complimentary di dalam kamar. Jika pihak hotel menyatakan tidak ada. Maka, makanan dan minuman yang tersedia harus dibayar pada saat check out.

Meski begitu, ada hotel atau paket penginapan tertentu yang menerapkan peraturan berbeda. Sehingga, pada saat memesan sebaiknya travelers mengecek dengan detail. Fasilitas dan keuntungan apa saja yang travelers dapatkan dari paket tersebut.

"Kadang-kadang ada juga paket menginapnya itu sudah termasuk mini bar. Jadi tergantung hotel itu mau nge-treat tamunya gimana. Misalnya tamu yang menginap di villa atau suite. Dia udah termasuk dalam stay-nya. Itu udah bisa menikmati fasilitas, termasuk makanan kecil kaya mini bar itu," kata Andry Kurniawan.

Salah satu penginapan yang menerapkan hal tersebut adalah jaringan Archipelago International Hotels, Resorts & Residences.

"Sudah seperti norma umumlah ya, kalau mini bar itu biasanya berbayar. Tapi tidak menutup kemungkinan ada hotel yang sudah termasuk semuanya. Salah satu kamar kami yang di villa, kita kan punya villa. Aqua Villa namanya. Karena harganya lumayan tinggi, minimal 5 jutaan. Baik di dalam refrigerator maupun di luar, snack-snack itu gratis, sudah termasuk. Ini kita sampaikan saat check in," kata Doddy.

Peraturan yang sama juga berlaku di The Trans Luxury Hotel.

"Untuk di The Trans Luxury Hotel kan kita ada mini bar juga. Harga kamar kita itu sudah termasuk mini bar. Jadi ada complimentary mini bar yang bisa dinikmati oleh para tamu. Ada snack, ada minuman ringan juga. Terus kita ada welcome amenities-nya, ada cookies gitu. Sudah bisa dinikmati sama tamu, include sama harga paket kamar," tutur Director of Marketing & Communication dari The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana.

Nah, ternyata memang ada beberapa jenis kamar yang memberikan makanan dan minuman ringan secara gratis. Tapi untuk paket-paket kamar standar, biasanya makanan dan minuman yang tersedia harus dibayar pada saat check out.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengecek dengan detail paket kamar yang dipesan. Jika informasi yang disediakan kurang lengkap, jangan ragu untuk bertanya pada saat check in.



Simak Video "Menikmati Nyamannya Hotel Mewah di Tengah Kota, Gorontalo"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA