Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jun 2022 14:10 WIB

TRAVEL-TIPS

Ngasi Tip buat Housekeeping Hotel, Berapa Enaknya Biar Nggak Malu-maluin?

Yasmin Nurfadila
detikTravel
Suasana tampak depan dari Hotel Kedaton 8 Xpress di Rest Area KM 19, Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/4/2022). Keberadaan penginapan di rest area pada ruas jalan tol Trans Jawa tersebut dikondisikan untuk memenuhi kebutuhan istirahat pengendara dengan tipe A sesuai pasal 39 ayat 1 Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat yang disewakan paling lama 12 jam dan Pelayanan pada Jalan Tol. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Dalam dunia pelayanan jasa, umum rasanya praktik pemberian tip. Di Indonesia sendiri, memberi tip pada para pekerja yang telah memberikan jasanya sudah cukup lumrah. Meski praktiknya tidak sepopuler di negara-negara barat. Namun, banyak masyarakat yang sudah sadar akan budaya ini.

"Untuk pemberian tips sangat lumrah di hospitality industry, tapi tidak ada kisaran umum nilainya karena itu adalah apresiasi yang diberikan para tamu untuk pelayanan yang diberikan staff kami," kata Director of Marketing & Communication dari The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana.

Di dunia perhotelan, memberi tip pada petugas hotel sudah dilakukan banyak orang. Karena merupakan sebuah bentuk apresiasi sukarela. Maka tidak ada penentuan nominal oleh pihak hotel.

"Lebih ke kebijakan tamu sendiri yang lebih merasa puas dengan pelayanan. Yang ingin memberikan apresiasi. Jadi angkanya tidak pernah kita atur," ungkap Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences Doddy Fathurahman.

Hal ini berlaku hampir di semua hotel dan tempat yang menyediakan pelayanan publik. Umumnya memang tidak ada patokan untuk pemberian tip.

"Kalau kita di sini nggak ada penentuan berapa," imbuh Director of Marketing dari Adiwana Hotels & Resorts Andry Kurniawan.

Kadang, pemberian tip ini menjadi hal yang membingungkan bagi beberapa orang. Terutama bagi mereka yang jarang atau belum pernah memberi tip.

Biasanya muncul keraguan untuk memberi tip. Karena tidak tahu berapa nominal yang harus diberikan. Ada kekhawatiran bahwa nominal yang diberikan di bawah standar umum. Ada juga yang khawatir nominalnya akan berlebihan.

Kisaran Tip

Nominal tip yang diberikan memang bervariasi. Biasanya tergantung pada jenis pekerjaan yang dilakukan. Bisa juga bergantung pada standar hotel yang ditempati. Standar tip pada hotel bintang lima dengan hotel bintang tiga mungkin akan berbeda.

Contohnya di Adiwana Hotels & Resorts, biasanya tip berkisar antara Rp 20.000 hingga di atas Rp 50.000. Tergantung dari usaha yang dilakukan pegawai hotel serta kepuasan tamu.

"Paling 20-an atau 50-an ke atas. Tergantung effort-nya juga ya. Mungkin 25-an atau 50-an gitu ya. Biasanya sih sekitaran segitu," kata Andry Kurniawan.
Sedikit berbeda dengan kisaran nominal di jaringan Archipelago International Hotels, Resorts & Residences.

"Biasanya itu berkisar dari Rp 10.000, sampai Rp 100.000 itu istilahnya sudah luar biasa. Jadi segitu biasanya," ujar Doddy Fathurahman.

Nah, itulah kisaran nominal tip yang umum diberikan oleh tamu hotel. Travelers bisa sesuaikan nominal tip dengan bujet, jenis layanan, serta tingkat kepuasan.



Simak Video "Marriott Hotel Umumkan Bakal Hengkang dari Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA