Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Jun 2022 16:25 WIB

TRAVEL-TIPS

Keluarga Boleh Menginap Ramai-ramai di 1 Kamar Hotel?

Yasmin Nurfadila
detikTravel
The Trans Luxury Hotel
Foto: (dok The Trans Luxury Hotel)
Jakarta -

Salah satu momen yang menyenangkan saat berlibur adalah menginap bersama anggota keluarga. Jika berlibur dengan mengunjungi rumah kerabat. Maka biasanya seluruh keluarga akan tidur bersama dalam satu kamar.

Hal ini juga yang lumrah diharapkan ketika keluarga menginap di hotel. Berbeda dengan rumah kerabat yang tidak memiliki ketentuan khusus. Hotel umumnya memiliki batas maksimum jumlah penghuni kamar.

Untuk kamar-kamar berukuran standar, mulai dari 25 hingga 45 m2 biasanya hanya boleh diisi oleh 2 tamu dewasa.

"Ketika kita mau booking kamar, secara umum itu aturannya adalah 2 orang. Jadi semua kamar itu kapasitasnya adalah 2 orang. Kecuali memang ada kamar-kamar yang kita sebutkan sendiri bisa kapasitasnya 3 atau 4," kata Regional General Manager dari Archipelago International Hotels, Resorts & Residences Doddy Fathurahman.

Jika ingin menambah jumlah penghuni kamar, hotel akan mengarahkan untuk memesan ekstra bed. Penambahan ekstra bed ini juga tidak bisa sembarangan. Tidak semua jenis kamar di hotel bisa diberi tambahan ekstra bed. Tergantung dari luas kamar tersebut.

"Jadi ketika membooking kamar yang kapasitasnya 2, yang normal, ini biasanya dimana-mana pun kapasitasnya 2 orang. Nah, adapun kebijakan dari hotel sangat tergantung dengan luas kamar. Ada kamar hotel yang standarnya hanya 25 m2. Ini artinya kan tidak mungkin bisa nambah lagi ekstra bed. Tapi ada hotel yang kamarnya mungkin 35 atau 45 m2. Masih ada celah untuk menambahkan ekstra bed," sambung Doddy.

Selain mempertimbangkan luas. Pembatasan jumlah penghuni kamar dan ekstra bed ini juga bertujuan untuk menjaga kenyamanan tamu hotel. Secara umum, jika dihitung dengan ekstra bed. Maka satu kamar hotel bisa diisi oleh maksimal 3 orang.

"Namun misalnya dilihat dari luasan kamar juga nih. Misalnya kalo kamar ini memungkinkan untuk kita isi, (kita bisa) mempersilahkan tamu untuk mengisi 3 orang dengan penambahan 1 ekstra bed. Itu juga dilihat dari luasan kamarnya. Jadi memang sebenarnya kalo masalah boleh atau enggak itu kebijakan dari masing-masing hotel. Namun dari kami sih maksimal 3 (orang) dengan ekstra bed 1. Kenapa? Kita lebih ke kenyamanan, safety juga. Karena dengan terlalu packed, terlalu banyak orang juga kan ga nyaman. Dari sisi itu sih," ujar Director of Marketing dari Adiwana Hotels & Resorts Andry Kurniawan.

Meski begitu, ada kebijakan berbeda jika tamu tambahannya adalah anak-anak. Ada hotel yang memperbolehkan anak berbagi kasur dengan orang tuanya. Sehingga tidak perlu memesan ekstra bed.

"Namun, ketika ada satu keluarga, suami istri dan bawa anak satu, hotel memperbolehkan sharing dengan orang tuanya. Artinya tidurnya bareng dengan orang tuanya. Adapun anaknya di atas 12 tahun, hotel memberikan kebijakan untuk menambah ekstra bed. Ekstra bed ini kalo hotelnya muat, bisa satu, kalo ukuran kamarnya kebetulan besar. Kalau ukuran kamarnya kecil, ekstra bednya nggak bisa masuk," tambah Doddy.

Tapi travelers juga perlu memperhatikan dengan detail mengenai aturan ini. Karena kebijakan dari setiap hotel bisa saja berbeda. Ada yang membatasi usia anak untuk berbagi kasur pada usia 12 tahun. Ada pula yang membatasinya pada usia 6 tahun.

Seperti yang berlaku di The Trans Luxury Hotel. Kamar dan kasurnya lebih luas. Sehingga bisa menampung lebih banyak. Dengan catatan, anak tersebut berusia di bawah 6 tahun.

Jika di atas itu, maka sama seperti hotel yang lain. The Trans Luxury Hotel akan mengarahkan tamu untuk memesan ekstra bed.

"Untuk kapasitas di dalam kamar, untuk The Trans Luxury Hotel sendiri. Kita kan kamarnya cukup spacious ya, cukup luas. Kamar kita itu yang paling standarnya itu kita mulai dari premier room di 40 m2. Nah untuk kamar kami itu, 1 kamar bisa diisi oleh maksimum 2 dewasa dan 2 anak di bawah 6 tahun. Kalo anaknya di atas 6 tahun, kita biasanya suggest untuk ada additional extra bed, gitu. Dan biasanya untuk extra bed itu sudah termasuk di dalamnya sarapan pagi," ungkap Director of Marketing & Communication dari The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana.

Jadi, jika travelers ingin menginap di hotel bersama keluarga. Pastikan terlebih dahulu ketentuan jumlah maksimum penghuni kamar. Karena setiap hotel memiliki kebijakan yang berbeda.

Normalnya satu kamar hanya dapat diisi oleh 2 orang dewasa. Namun, kapasitasnya bisa bertambah hingga 3 orang dewasa dengan tambahan ekstra bed.



Simak Video "Marriott Hotel Umumkan Bakal Hengkang dari Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA