Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 21 Apr 2020 19:09 WIB

TRAVEL NEWS

Luhut: Proyek 5 Bali Baru Tetap Jalan Meski Ada Corona

Anisa Indraini
detikTravel
Danau Toba
Danau Toba Foto: (Feni Novida/d'travelers)
Jakarta -

Menteri Perhubungan ad interim Luhut Binsar Pandjaitan memastikan anggaran untuk program 5 destinasi pariwisata super prioritas yang bakal jadi Bali Baru tidak dipotong meskipun ada wabah virus Corona (COVID-19).

"Kami bersepakat dengan Ibu Ani (Menteri Keuangan) program-program pembangunan 5 destinasi wisata yang Kementerian Perhubungan terlibat itu tidak dipotong tapi masuk ke multi years supaya wisata ini jangan sampai terlalu terjatuh," kata Luhut saat rapat virtual dengan Komisi V DPR RI, Selasa (21/4/2020).

Hal itu karena pihaknya telah mengubah postur anggaran belanja tahun ini. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian APBN Tahun Anggaran 2020, pagu anggaran Kemenhub yang semula Rp 43,11 triliun berkurang menjadi Rp 36,98 triliun.

"Dengan kata lain ada pemotongan anggaran Rp 6,1 triliun," ucapnya.

Pihaknya juga akan melakukan realokasi anggaran sebesar Rp 320,7 miliar. Hal ini dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan realokasi anggaran dalam memerangi virus Corona.

"Realokasi anggaran 2020 untuk penanganan COVID-19 untuk Kementerian Perhubungan Rp 320,7 miliar," ucapnya.

Realokasi anggaran akan digunakan untuk pengadaan peralatan pencegahan virus Corona seperti penyediaan alat pengaman diri, penambah daya tahan tubuh, serta menyediakan alat pendukung kerja lainnya.

"Adapun peruntukkan anggaran tersebut antara lain pengadaan peralatan untuk pencegahan penyebaran virus seperti alat pelindung diri, masker, hand sanitizer dan lain-lain. Semua ini merujuk kepada protokol kesehatan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan," urainya.

Berikut 5 destinasi wisata super prioritas:




1. Danau Toba

Pesona Danau Toba memang tak ada duanya. Terletak di Sumatera Utara, Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dengan luas 1.145 km persegi.




Beberapa spot bisa traveler datangi untuk menikmati keindahan Danau Toba, salah satunya Bukit Simarjanjung. Di Pulau Samosir juga terdapat beberapa desa, air terjun yang memukau dan alam yang cantik.

Rencananya, Danau Toba akan disulap menjadi kawasan wisata berkelas. Dimulai dari pembangunan jalan tol Kualanamu-Tebing Tinggi, Tebing Tinggi-Pematang Siantar, sampai memperluas akses ke Parapat.

Lalu juga akan ada jalan outer ring road yang mengelilingi Pulau Samosir yang ada di tengah danau vulkanik yang terdalam dan terluas di dunia itu, serta empat pasang dermaga yang akan menghubungkannya dengan daratan Sumatera.

Mengenal Lebih Dekat 5 Destinasi Super PrioritasFoto: Danau Toba (Feni Novida Saragih/d'Traveler)



2. Candi Borobudur

Traveler yang suka wisata sejarah bisa datang ke Candi Borobudur. Destinasi ini juga menjadi incaran traveler yang ingin menikmati sunrise dan sunset.




Candi Borobudur memiliki sekitar 2.672 panel relief pada dinding-dinding candi yang menceritakan kisah tentang perjalanan hidup dan ajaran Buddha di masa lalu. Borobudur merupakan situs bersejarah yang masuk ke dalam warisan dunia loh traveler. Tak heran jika borobudur menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan usul mantan Mendikbud Muhadjir Effendi kepada presiden, rencananya akan dibangun boulevard menuju Candi Borobudur. Lalu rencana pembangunan juga meliputi pelebaran jalur utama yang melingkari candi.

Mengenal Lebih Dekat 5 Destinasi Super PrioritasFoto: Candi Borobudur (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)



3. Labuan Bajo

Cocok sekali buat traveler yang suka wisata bahari. Pantai cantik ini bisa buat traveler betah menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang luar biasa indah.

Tak hanya menikmati keindahan pemandangan, traveler bisa menikmati keindahan bawah laut yang jernih dan mempesona. Kalau masih belum puas, di salah satupulauindahnyayaituPulauPadar, ada pantai yang punya pasir berwarna pink.DiPulauPadar juga ada bukit yang diapitdengantelukdanairbergradasi biru.



Banyak infrastruktur yang akan di bangun di kawasan Labuan Bajo, yaitu meliputi Sumber daya air, bina marga, cipta karta dan perumahan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Bidang SDA yang akan dibangun adalah pengendalian banjir Sungai Waemese, selanjutnya penyediaan air baku. Lalu yang terakhir penataan Dermaga Pulau Rinca dan Loh Buaya.

Mengenal Lebih Dekat 5 Destinasi Super PrioritasFoto:Pantai Pink, Labuan Bajo (Teguh Tofik Hidayat/d'Traveler)



4. Mandalika

Pesona Mandalika tak kalah dengan Labuan Bajo. Mandalika masuk ke dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang memiliki pantai-pantai yang digemari wisatawan.

Ada Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, Pantai Serenting dan Pantai Gerupuk. Ingin menikmati sunset? Tentu bisa. Mandalika punya Bukit Merese dengan perbukitan hijau yang dikelilingi laut.




Kini sedang dibangun sirkuit balapan MotoGP untuk digunakan di tahun 2021. Ini menjadi sirkuit MotoGP pertama yang berupa street sircuit di mana saat tidak ada acara balap akan dijadikan jalan lingkar.

Mengenal Lebih Dekat 5 Destinasi Super PrioritasFoto: Mandalika (AFP)



5. Likupang

Terletak di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Likupang menawarkan pemandangan alam yang cantik pada pantai dan bawah lautnya. Salah satunya Pantai Pall yang membentang kurang lebih 500 meter.




Pantai Pall punya pasir berwarna putih yang pada posisi tengah butirannya sangat halus. Namun ketika traveler bergeser ke utara, butiran pasirnya mulai kasar. Pada bagian tengah, air lautnnya berwarna biru terang, sedangkan selebihnya agak kehijauan.

Pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan di Likupang meliputi peningkatan kapasitas bandara, akses jalan tol dan non tol.



Simak Video "Tinjau Penanganan Covid-19 PMI, Luhut Bahas Vaksinasi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA